Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Daftar Ikan Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 21 Ton

Daftar Ikan Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 21 Ton
Daftar Ikan Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 21 Ton

Kingdom Animalia terbagi 2 kelompok besar, yakni Hewan Vertebrata dan Invertebrata. Kedua kelompok ini jelas memiliki perbedaan, baik dari segi bentuk tubuh, makanan, habitat dan lainnya. kedua kelompok besar itu juga masih terdiri dari beberapa bagian lagi yang wajib kamu ketahui.

Namun, untuk kali ini kita akan membahas hewan vertebrata, kelas pisces, lebih tepatnya ikan terbesar di dunia. Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord cinta tak harus memiliki ketika menyimak ulasan ini. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata adalah hewan bertulang belakang (memiliki tulang belakang) yang merupakan subfilum dari filum chordata. Ciri khusus dari hewan ini yaitu korda dorsalis sebagai penguat rangka.

Hewan vertebrata dibagi lagi menjadi beberapa kelas berdasarkan ciri khususnya, yakni kelas pisces, Amphibi, Reptilia, Aves dan Mamalia.

Kelas Pisces, ciri-cirinya:

Hidup di air.

Bernapas menggunakan insang.

Berdarah dingin karena suhu tubuh hewan ini menyesuaikan dengan lingkungan.

Memiliki sirip dan ekor untuk menentukan arah gerak dalam air dan menjaga keseimbangan tubuh.

Memiliki gelembung renang.

Memiliki gurat sisi

Berkembang biak dengan bertelur.

Contoh hewan vertebrata kelas pisces: Ikan.

Daftar Ikan Terbesar di Dunia

Kelompok vertebrate terbesar di dunia tidak hanya berasal dari darat. Pisces atau yang lebih dikenal dengan ikan juga memiliki daftar ikan terbesar di dunia. Berikut daftar ikan terbesar yang ada di dunia dan masih hidup sampai saat ini.

1. Hiu Paus

Kita mulai dengan ikan terbesar yang masih ada sampai sekarang, yaitu Hiu Paus. Hewan vertebrata dengan bobot mencapai 21,5 ton ini memiliki corak berupa totol-totol pada bagian tubuhnya.

Panjang tubuh ikan terbesar didunia ini antara 18-33 kaki. Ikan ini banyak ditemukan di lautan tropis hangat dengan rentang hidup dari 80-130 tahun. Untuk bertahan hidup, ikan ini mengonsumsi jenis plankton dan ikan-ikan kecil lainnya.

2. Hiu Raksasa

Masih dari keluarga hiu, ikan terbesar yang berada diurutan kedua adalah Hiu Raksasa atau yang sering disebut Hiu Basking. Bobot tubuh hewan vertebrate ini mencapai 19 ton dengan panjang lebih dari 32 kaki.

Hiu Raksasa ini banyak ditemukan di sebuah teluk yang berada di antara New Brunswick dan Noca Scotia, Kanada yang bernama Teluk Fundy. Spesies hiu ini suka berimigrasi untuk menemukan lautan yang beriklim sedang.

Sama halnya dengan Hiu Paus, untuk bertahan hidup, hiu ini mengonsumsi plankton dan ikan-ikan kecil lainnya. Pisces terbesar kedua ini tergolong hewan filter-feeder, yang ketika makan, mereka akan muncul ke permukaan air seperti hendak berjemur.

Hiu Raksasa adalah hewan yang dilindungi berdasarkan International Union for Conservation of Nature (IUCN).

3. Hiu Putih

Hewan vertebrata kelas pisces yang berada diurutan ketiga adalah Hiu Putih yang memiliki panjang dari 15-20 kaki dan bobot tubuh hampir 3,32 ton. Spesies hiu ini lebih agresif dibandingkan kedua jenis hiu sebelumnya.

Sudah ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa hewan ini kerap nyerang manusia yang berenang dilepas pantai. Kemampuan dalam menyerang mangsanya, terbukti dari kecepatan berenangnya yang bisa mencapai 55 km/jam.

Hiu Putih juga mampu menyelam hingga kedalaman 1,2 km dengan tekanan air 120 kali lebih tinggi dibanding permukaan laut. Mereka juga mampu berenang di suhu air dingin 30C hingga suhu terhangat 270C.

4. Hiu Harimau

Yang terakhir dari kelompok hiu, diurutan keempat ditempati Hiu Harimau. Ikan ini juga termasuk ikan terbesar dan terganas yang pernah ada dengan bobot tubuh mencapai 3,11 ton. Hiu Harimau atau Hiu Macan sering dijuluki Tong Sampah Lautan, dikarenakan memakan segalanya yang ada dilautan, termasuk sampah.

Hewan vertebrate air ini banyak ditemukan di wilayah tropis, seperti Indonesia. Hiu Harimau mampu berenang hingga kedalaman 350 meter dibawah laut. Hal ini dikarenakan bagian sirip dada dan ekor ikan ini dapat membantunya melesat dengan cepat.

5. Pari Manta Raksasa

Kita beralih dari ikan hiu, ikan terbesar kelima ditempati oleh Pari Manta Raksasa yang memiliki berat tubuh mencapai 3 ton. Diketahui, ikan ini mempunyai otak terbesar diantara kelas pisces lainnya.

Spesies ikan ini mampu hidup di lautan tropis dan subtropics dengan makanan utamanya berupa plankton. Mereka dapat berenang secara individu maupun berkoloni.

Populasi ikan Pari Manta Raksasa semakin lama semakin menyusut, sehingga IUCN menyatakan ikan ini termasuk ikan yang terancam punah. Hal ini disebabkan siklus kelahirannya rendah.

Selain itu, ada rumor yang beredar bahwa insang dari ikan ini bermanfaat untuk produk kosmetik. Sehingga Pari Manta Raksasa banyak diburu, termasuk di tanah air.

6. Mola-Mola Laut

Ikan terbesar yang terakhir adalah Mola-Mola laut atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunfish karena kebiasaannya yang suka berjemur. Berdasarkan dari nama latinnya, Millstone atau batu gerinda, ikan ini juga kadang menyerupai batu karena warna tubuhnya yang abu-abu.

Ketika Mola-Mola laut tumbuh dewasa, maka bobotnya akan mencapai 2,3 ton dengan panjang maksimum 10,8 kaki. Bentuk ikan ini terbilang unik karena nyaris tidak memiliki sirip ekor.

Letak sirip Mola-Mola berada vertical di atas dan di bawah (punggung dan perut) yang dikenal dengan sebutan clauvus. Keunikan lainnya dari ikan ini adalah dapat berjemur sembari tiduran setelah menyelam di kedalaman 600 meter.

Sama halnya dengan ikan-ikan terbesar di dunia lainnya, Mola-Mola juga terancam punah akibat adanya aktifitas perburuan illegal untuk dijual dagingnya ke restoran-restoran besar. Sementara IUCN telah mengeluarkan peringatan perihal keberadaan ikan ini.

Itulah keenam ikan terbesar di dunia yang hingga kini masih tetap hidup. Sebagai generasi muda, marilah kita sama-sama melestarikan biota laut, agar ekosistem yang ada di dalam laut tetap seimbang dan kita tetap bisa merasakan manfaatnya kelak.

Semoga artikel ini menambah wawasan kamu mengenal dunia hewan terkhusus kelas pisces. Sampai ketemu di artikel-artikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]