Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Memiliki Masa Hidup yang Singkat, Berikut Fakta Menarik Seputar Kupu-Kupu

Memiliki Masa Hidup yang Singkat, Berikut Fakta Menarik Seputar Kupu-Kupu


Kamu tentu familiar dengan hewan yang satu ini. kaindahan hewan bersayap ini begitu menyejukkan mata dan membuat kebun semakin terlihat indah.

Kupu-kupu mempunyai berbagai macam ukuran hingga pola sayap yang beraneka ragam yang menjadikannya terlihat unik. Lalu, apa saja kira-kira keunikan dari hewan bersayap yang kerap menghisap nektar ini?

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mempunyai Sayap Transparan

Kamu mungkin mengira bahwa sayap kupu-kupu menampilkan warna yang beragam dan mencolok. Namun sebenarnya, sayap kupu-kupu terbentuk dari lapisan-lapisan chitin, yakni sebuah protein yang membentuk eksoskeleton serangga. Karena begitu tipisnya lapisan-lapisan ini, sehingga terlihat transparan.

Terdapat ribuan sisik kecil yang menyelimuti chitin transparan ini dan memantulkan cahaya dalam warna-warna berbeda. Seiring bertambah usia kupu-kupu, ia akan memunculkan titik transparan di mana lapisan chitin-nya akan terekspos. Dengan kata lain, makin tua kupu-kupu, sayapnya akan makin nampak transparannya.

2. Memiliki Sensor Rasa di Kaki

Dengan memiliki sensor rasa yang terdapat pada kakinya, kupu-kupu akan dengan mudah menemukan makanan nya. Hewan ini berkeliaran di sekitar taman, kemudian menjejakkan kakinya pada daun atau bunga tanaman.

Dengan demikian, ia mencari tahu tumbuhan mana yang cocok untuk dihisap cairannya. Selain itu, terdapat duri halus pada di kakinya yang dinamakan kemoreseptor yang juga berguna untuk mengidentifikasi bahan kimia pada tumbuhan yang dihinggapinya.

3. Kupu-Kupu Hanya Hidup Beberapa Minggu

Hewan bersayap indah ini ternyata tidak emmiliki umur yang panjang. Umumnya, kupu-kupu hanya dapat bertahan hidup selama beberapa minggu saja. Dimasa hidupnya yang singkat, ia akan mencari makanan dan menemukan tumbuhan yang tepat untuk menyimpan telurnya.

Biasanya, kupu-kupu hanya akan bertahan hidup selama 4 minggu lamanya. Namun, jika dihitung keseluruhan proses metamorfosisnya, totalnya mencapai kira-kira sekitar dua atau delapan bulan.

4. Bisa Terbang Jika Suhu Sedang Dingin

Merupakan hewan berdarah dingin, kupu-kupu tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri. Oleh sebab itu, suhu tubuhnya sangat dipengaruhi oleh suhu lingkungan sekitarnya. Setidaknya, kupu-kupu membutuhkan suhu tubuh sekitar 29 derajat Celsius agar bisa terbang.

Dengan kata lain, jika suhu udara dibawah 29 derajat Celcius, kupu-kupu tidak dapat terbang dengan baik. Bahkan, jika suhu lingkungan telah mencapai 12 derajat Celcius, hewan ini tidak bisa bergerak atau melakukan aktivitas apapun. Oleh karena itu, kupu-kupu banyak ditemui ketika suhu sedang menghangat atau kondosi matahari sedang cerah bersinar.

5. Mempunyai Empat Sayap

Sekilas mungkin kamu melihat bahwa hewan ini memiliki dua sayap, padahal sayap kupu-kupu nyatanya ada empat. Hewan avertebrata ini mempunyai empat sayap yang terpisah. Dua saya di depan dan dua sayap di belakang serta melekat di bagian dada.

Itulah fakta menarik dari kupu-kupu yang wajib kamu ketahui. Selamat membaca dan smeoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]