Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Fakta Unik Laba-Laba yang Harus Diketahui

Fakta Unik Laba-Laba yang Harus Diketahui


Laba-laba merupakan hewan berkaki delapan dan memiliki mata lebih dari sepasang. Hewan ini ternyata banyak ditakuti oleh manusia.

Jika kamu adalah salah satu orang yang juga takut dengan hewan ini, tak perlu khawatir. Sebab hewan yang satu ini nyatanya tak beracun dan tidak pernah tertarik dengan manusia. Karena besarnya ukuran manusia bagi laba-laba, membuatnya tidak tertarik untuk menyerang kita.

Hewan berkaki delapan ini sering dijumpai di dalam rumah dan juga lingkungan sekitar manusia. Laba-laba dikenal dengan ciri khasnya yang membuat jaring-jaring di sudut-sudut rumah. Jika tidak dibersihkan dengan rutin, jaring laba-laba akan semakin banyak dan mengganggu pemandangan.

Uniknya, laba-laba tidak pernah terperangkap di jaring yang dibuatnya sendiri. Tak hanya itu, terdapat fakta-fakta menarik lainnya seputar hewan ini.

Apa saja itu? Yuk, Simak Ulasannya di bawah ini.

1. Dapat Membuat Jaring Raksasa

Laba-laba memiliki kemampuan untuk membuat jaring-jaring dengan bagian tubuhnya sendiri, yang disebut pinneret. Spineret itu sendiri adalah pemintal benang berupa pembuluh berujung runcing pada ujung abdomen laba-laba.  Jaring-jaring yang dibuatnya bisa berukuran besar, bahkan raksasa.

Berdasarkan data dari Natgeo Indonesia, pada tahun 2010 di Pakistan, sebanyak jutaan laba-laba melarikan diri ke pohon dan membuat jaring raksasa untuk melindungi diri dari banjir. Uniknya, jaring-jaring tersebut bersifat elektrostatik, yang dapat menarik semua partikel bermuatan yang ada di udara.

2. Laba-Laba Tidak Bisa Terperangkap di Jaringnya Sendiri

Meskipun bersifat elektrostatik serta mengandung zat lem, hewan ini tidak bisa terperangkap di jaring yang dibuatnya sendiri. Hal tersebut dikarenakan adanya lapisan rambuat pada kaki laba-laba yang memproduksi zat antilengket.

Dengan adanya zat tersebut, hewan ini dapat menggerakkan kaki dengan strategis dan leluasa. Namun, mereka tetep bisa membuat jaring tanpa pernah terperangkap sendiri di dalamnya.

3. Laba-Laba Bukan Serangga

Kamu mungkin mengira bahwa hewan ini tergolong ke serangga. Meskipun sekilas memang mirip dengan serangga, tapi sebenarnya hewan ini tergolong dalam kelas Arachnida, sementara serangga termasuk dalam kelas yang berbeda, yakni Insecta.

Hewan Arachnida, seperti misalnya laba-laba, kalajengking, dan tungau, hanya memiliki 2 segmen tubuh. berbeda dengan serangga yang memiliki 3 segmen tubuh. Tak hanya itu, perbedaan lain adalah Arachnida memiliki 4 pasang kaki, sementara serangga hanya 3 pasang.

4. Bisa Melompat Sangat Jauh

Laba-laba mampu melompat hingga sejauh 40 kali panjang tubuhnya. Itu sama seperti seseorang dengan tinggi badan 175 cm yang mampu melompat sejauh 7 km sekali lompat.

Uniknya, kaki laba-laba sebenarnya tidak memiliki otot yang kuat. Mereka melompat dengan mengkontraksi otot abdomen hingga cairan terpompa ke kaki belakang, kemudian kaki belakang mereka diluruskan kembali. Hal itulah yang membuat tubuh mereka terpental hingga sangat jauh.

5. Laba Laba Tidak Punya Gigi

Meski terlihat mengerikan, siapa sangka jika laba-laba sebenarnya tidak mempunyai gigi. Beberapa spesies laba-laba memiliki sepasang taring semu yang tidak digunakan untuk mengunyah makanannya, melainkan untuk menyuntikkan racun ke tubuh mangsanya.

Setelah mangsanya mati, laba-laba akan mengeluarkan cairan enzim yang akan melembutkan tubuh mangsanya. Lalu ia tinggal melahap mangsanya dengan cara menghisapnya.

Nah, itulah fakta unik seputar avertebrata laba-laba. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]