Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Deretan Keunikan Bintang Laut yang Jarang Diketahui

Deretan Keunikan Bintang Laut yang Jarang Diketahui


Berbicara tentang bintang laut, mungkin hal yang pertama terlintas di benakmu adalah salah satu karakter di film kartun Spongebob Bernama Patrick.

Memiliki nama ilmiah Asteroidea, hewan avertebrata yang satu ini masuk dalam filum Echinodermata, yang juga sejenis dengan bulu babi, sand dollar, dan teripang. Meskipun hidup di dalam air, perlu diketahui bahwa biota laut yang satu ini tidak masuk dalam kategori ikan.

Tak banyak yang tahu, jika lengan bintang laut tidak hanya membuat mereka terlihat seperti 'bintang', namun tternyata mereka juga punya mata yang terletak di lengannya.

Yuk, cari tahu fakta unik seputar bintang laut dalam penjelasan di bawah ini.

1. Tidak Semua Memiliki lima Lengan dan Berbentuk Seperti Bintang

Meski biota laut ini diberi nama bintang laut karena bentuknya, namun tak semua spesies bintang laut punya bentuk layaknya bintang. Terdapat ribuan jenis bintang laut di berbagai zona, sebagian hidup di wilayah tropis, dan ada juga yang tinggal di perairan dalam.

Beberapa jenis bintang laut memiliki perbedaan bentuk dari kebanyakan bintang laut, salah satunya yaitu cushion starfish yang berbentuk gumpalan bulat.

2. Dapat Menumbuhkan Anggota Tubuhnya yang Putus

Bintang laut tak lepas dari incaran pemangsa dalam lautan. Hal tersebut tak jarang menyebabkan mereka harus kehilangan lengannya ketika sedang mempertahankan diri. Semua organ vital biota laut yang satu ini terletak di lengan, sehingga kemampuan menumbuhkan kembali lengan sangat berguna untuk kelangsungan hidupnya.

Proses mengembalikan organ tubuh yang putus pada bintang laut ini membutuhkan waktu yang enggak sebentar, hingga kadang bisa mencapai 1 tahun.

3. Memiliki Ratusan Kaki

Selain mempunyai beberapa lengan, hewan laut ini juga memiliki banyak kaki kecil hinggaberjumlah ratusan. Kaki-kaki tersebut berada di bagian bawah tubuh yang berbentuk seperti tabung-tabung kecil.

Ukurannya yang kecil ternyata mendorong bintang laut untuk bergerak dan berpindah tempat dengan cepat. Selain itu, kaki-kakinya juga berfungsi untuk memegang mangsanya.

4. Tidak Memiliki Darah

Alih-alih darah, hewan ini memiliki sistem peredaran yang sebagian besar terdiri dari air laut yang dipompa dipompa ke dalam sistem vaskular melalui pelat saringannya. Air laut tersebut kemudian bergerak menuju lengannya dan menyebabkan lengannya memanjang. Otot-otot yang ada di dalam lengan digunakan untuk menarik kembali anggota badan.

5. Tidak Mempunyai Mata

Fakta unik yang mengejutkan dari biota laut yang satu ini yakni idak memiliki otak, darah, bahkan sistem saraf pusat, namun ternyata hewan ini memiliki mata. Menambah anatomi yang tak biasa pada hewan ini yakni mata yang terdapat di ujung lengan.

Mata yang hewan ini mungkin tidak bisa melihat detail halus layaknya mata pada umumnya. Akan tetapi, mata bintang laut mampu mendeteksi berbagai nuansa cahaya yang memungkinkan untuk menavigasi lingkungan. Fungsi tersebut juga memungkinkan hewan ini untuk berburu makanan dan bersembunyi dari pemangsa.

Nah, itulah tadi beberapa fakta unik seputar bintang laut yang jarang diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi seluruh pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]