Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

5 Fakta unik Hewan Avertebrata Cumi-Cumi

5 Fakta unik Hewan Avertebrata Cumi-Cumi


Cumi-cumi adalah kelompok hewan yang tergolong dalam jenis moluska. Hewan avertebrata ini hidup di laut dan termasuk dalam salah satu golongan hewan tak bertulang belakang, hewan ini menyemprotkan tintanya ketika ia merasa terancam.

Salah satu jenis cumi-cumi yang ada dilaut dalam yaitu jenis Heteroteuthis yang memiliki kemampuan memancarkan cahaya organ dan mengeluarkan cahaya itu terletak pada ujung suatu juluran panjang yang menonjol di depan.

Sementara itu, cumi-cumi yang sering dikonsumsi manusia adalah jenis Loligo Pealei yang merupakan jenis cumi yang tersebar di perairan Laut Tengah, Asia Timur, serta sepanjang pantai timur Amerika Utara.

Selain itu, terdapat beberapa fakta lainnya seputar cumi-cumi yang sudah dirangkum dari beberapa sumber. Penasaran? Yuk, simak artikel di bawah ini.

1. Memiliki Darah Berwarna Biru

Berbeda dengan makhluk hidup yang punya darah merah karena senyawa hemoglobin di dalamnya, cumi-cumi justru punya warna darah unik yaitu bewarna biru. Hal tersebut terjadi karena terkandung senyawa tembaga pada darah cumi yang disebut haemocyanin.

2. Punya 8 Lengan dan 2 Tentakel

Kepala cumi-cumi dilengkapi dengan 10 tentakel yang serbaguna. Delapan tentakel cumi-cumi berukuran pendek yang biasa disebut lengan, sedangkan dua lagi berukuran lebih panjang yang kerap disebut tentakel.

Tentakel yang panjang memiliki penghisap, sehingga bisa digunakan untuk menangkap mangsa serta memanjat sesuatu saat berada dalam air. Tentakel yang pendek (lengan) tidak memiliki penghisap, tetapi bagian ini bisa tumbuh kembali jika putus.

3. Memiliki 3 Jantung

Hewan avertebrata yang satu ini hidup dengan 3 jantung. Semua itu terjadi karena cumi-cumi memiliki tubuh yang cukup kompleks. 2 jantung berukuran kecil berfungsi untuk membantu insang bekerja dan sisanya sebagai organ pemompa darah ke seluruh tubuh.

4. Warna Tubuhnya Bisa Berubah

Keunikan yang dimiliki oleh jenis cumi-cumi ini adalah warna tubuhnya yang dapat berubah-ubah. Banyak cara yang dilakukan hewan avertebrata ini untuk bisa lolos dari serangan predator yang akan menyerangnya sewaktu-waktu. Dalam kondisi tertentu, tubuh cumi-cumi bisa berubah menyesuaikan tempatnya.

Cumi-cumi akan menyamar ketika didekat musuh. Musuh tak akan mengenali cumi-cumi, sehingga bisa lari dari serangan predator di sekelilingnya.

5. Dapat Berenang Dengan Cepat

Keunikan lainnya yang dimiliki cumi-cumi ini adalah dapat berenang dengan cepat. Hewan avertebrata jenis ini hanya bisa hidup di air laut. Pergerakan cumi-cumi yang cepat ini dipengaruhi oleh otot-otot yang dimiliki oleh cumi-cumi sangat kuat. Sehingga mempermudah pergerakannya untuk berlari dengan cepat untuk menghindari musuh.

Demikianlah informasi seputar keunikan hewan avertebrata cumi-cumi yang wajib diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi seluruh pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]