Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengenal Lebah Madu

Mengenal Lebah Madu


Lebah madu adalah spesies serangga sosial yang kaya manfaat. Bisa dikatakan bahwa semua yang dihasilkan oleh lebah madu dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Berdasarkan klasifikasinya, lebah madu tergolong ke dalam ordo Hymenoptera yang berarti sayap bening.

Berdasarkan beberapa penelitian, terdapat sekitar tujuh spesies lebah madu yang telah teridentifikasi, yakni Apis laboriosa, Apis florea, Apis Mellifera, Apis dorsata, Apis Andreniformis, Apis cerana, dan dan Apis koschevnikovi.

Akan tetapi, beberapa waktu belakangan ditemukan spesies lebah madu yang baru, yaitu Apis nigrocincta di wilayah Sulawesi dan Apis nuluensis di Kalimantan.

Saat ini, madu yang beredar di dunia umumnya diproduksi melalui proses budidaya. Terdapat banyak jenis lebah di dunia ini, namun tak semuanya dapat menghasilkan madu.

Lalu, apa saja keistimewaan hewan avertebrata yang satu ini? dan jenis lebah apa sajakah yang bisa menghasilkan madu? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Klasifikasi Lebah Madu

Berdasarkan taksonominya, lebah madu diklasifikasikan sebagai berikut:

Kerajaan: Animalia

Filum: Arthropoda

Kelas: Insecta

Ordo: Hymenoptera

Famili: Apidea

Genus: Apis

Spesies: Apis cerana, Apis andreniformis, Apis mellifera, Apis dorsata, Apis koschevnikovi, Apis nigrocincta, Apis florea

Habitat Lebah Madu

Keberadaan tanaman menjadi syarat utama hidupnya lebah madu. Secara umum, lebah madu bisa hidup di belahan bumi manapun, kecuali di daerah kutub. Hal tersebut dikarenakan di kutub utara dan selatan tidak terdapat tanaman yang dapat dijadikan sumber pakan lebah.

Di daerah tropis, lebah amdu bisa berkembang biak sepanjang tahun karena tersedia tumbuhan sebagai sumber pakannya. Sementara itu, di daerah sub tropis, serangga ini tidak akan produktif di musim dingin. Di alam bebas, lebah hidup dan tinggal di gua-gua hutan.

Di hutan, koloni lebah madu juga tinggal di lubang-lubang pohon. Sementara itu, jika diternakkan, lebah biasanya tinggal di tempat yang telah disediakan yang disebut dengan “stup”.

Jenis-Jenis Lebah Madu

Berdasarkan penelitian dari 20.000 spesies lebah di dunia, terdapat tujuh spesies lebah yang bisa menghasilkan madu. Lima diantaranya adalah lebah asli Indonesia. Berikut dijelaskan tujuh jenis lebah penghasil madu, antara lain:

1. Lebah Madu Timur (Apis cerana)

Apis cerana tersebar di wilayah Asia Tenggara, Bangladesh, Pakistan, dan berbagai pulau di Indonesia seperti Jawa, Kalimantan, Lombok, dan Bali. Subspesies dari lebah madu timur ini adalah apis indica yang merupakan lebah asli dari Indonesia.

 Lebah madu jenis ini cukup mudah untuk dipelihara dan tidak akan menyerang kecuali dalam kondisi terganggu dan terancam.

2. Lebah Madu Barat (Apis mellifera)

Lebah madu barat merupakan jenis lebah madu yang paling banyak tersebar. Serangga ini berasal dari Asia, Eropa, dan Afrika serta banyak dibudidayakan hampir di seluruh pelosok dunia. Hal tersebut disebabkan karena daya tahah hidupnya serta adaptasinya yang sangat baik.

Di Indonesia sendiri, kegiatan budidaya madu jenis ini bisa ditemukan di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. Apis mellifera ini mampu menghasilkan 40 kg madu per koloni setiap tahunnya.

Saat ini, lebah madu barat telah mencapai sekitar 40.000 koloni. Budidaya lebah unggul ini umumnya dilakukan pada bunga kopi, randu, kapuk, dan karet.

3. Lebah Hitam (Apis andreniformis)

Jenis lebah ini banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Kalimantan. Namun, saat ini mulai sulit ditemukan. Selain di Indonesia, lebah hitam ini hidup di Malaysia, Vietnam, Laos, Filipina, India, Myanmar, dan Cina bagian selatan.

4. Lebah Madu Raksasa (Apis dorsata)

Apis dorsata merupakan lebah asli dari Asia Tenggara yang dapat ditemukan di Indonesia, Filipina, India, dan Nepal.

Di Indonesia sendiri, lebah madu raksasa dikenal dengan nama Tawon Gung (Jawa) ataupun Odeng (Sunda). Lebah madu jenis ini tersebar di seluruh hutan nusantara kecuali pulau Papua.

Lebah ini bersifat ganas dan hidup secara liar, sehingga tidak dibudidayakan. Sesuai dengan namanya, ukuran tubuhnya pun lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lebah madu lainnya. Sengatan lebah ini sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian.

5. Lebah Madu Merah (Apis koschevnikovi)

Apis koschevnikovi adalah jenis lebah madu yang berasal dari Malaysia dan Indonesia (Sumatra, Jawa, Kalimatan). Namun, di pulau Jawa, keberadaannya mulai sulit ditemukan. Lebah madu merah terbilang sangat unik dan memiliki ciri khas yakni warna merah yang sangat mencolok di tubuhnya.

6. Lebah Madu Kerdil (Apis florea)

Apis florea tidak dapat ditemukan di Indonesia dan hidup secara alami di Oman, India, dan Iran. Madu yang dihasilkan oleh lebah kerdil ini juga sangat berbeda dengan jenis madu lainnya karena kondisi iklim yang berbeda sangat jauh dengan iklim di Indonesia. Lebah madu kerdil umumnya hidup di lubang-lubang kayu.

7. Lebah Madu Lokal Sulawesi (Apis nigrocincta)

Apis nigrocincta adalah jenis lebah amdu yang hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Filipina saja. Lebah jenis ini memiliki sifat hidup berkelompok dan jarang bermigrasi. Dalam sehari, ratu lebah madu lokal Sulawesi menghasilkan sekitar 2.000 telur.

Itulah informasi seputar lebah madu yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]