Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Tidak Memiliki Telinga, Berikut Fakta Unik Belalang yang Jarang Diketahui

Tidak Memiliki Telinga, Berikut Fakta Unik Belalang yang Jarang Diketahui


Kamu pasti sangat familiar dengan hewan yang satu ini bukan? Belalang bisa ditemukan di berbagai tempat khususnya di daerah persawahan atau di pekarangan rumah.

Hewan dengan nama ilmiah Caelifera ini merupakan jenis serangga yang memiliki banyak sekali jenis, bahkan diperkirakan sekitar 18.000 jenis di dunia.

Uniknya, setiap jenis belalang memiliki karakteristik yang sama, yakni tubuh yang panjang dan ramping, dilengkapi dengan rahang yang kuat.

Tak hanya itu, belalang juga memiliki keunikan lainnya yang jarang diketahui. Apa saja itu? yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Belalang Tidak Punya Telinga

Tahukah kamu kalau hewan yang satu ini ternyata tidak memiliki telinga? Ya, tapi meskipun demikian, bukan berarti belalang tidak bisa mendengar. Serangga jenis ini ternyata memiliki organ pendengar yang disebut dengan tympana.

Tympana itu sendiri merupakan organ pendengar berbentuk selaput melingkar yang terletak di area perut serangga.

2. Belalang Punya Lima Mata

Belalang merupakan serangga yang memiliki lima mata, dan setiap mata memiliki ribuan lensa tunggal. Dengan ribuan lensa tersebut, belalang memiliki kemampuan untuk melihat ke segala arah. 

ua mata besar belalang ini terletak di kedua sisi kepala belakang, sedangkan tiga mata lainnya berukuran lebih kecil terletak disetiap antenanya.

3. Belalang Punya Kaki yang Kuat

Jika diperhatikan sekilas, belalang terlihat rapuh. Namun, kaki Caelifera ini ternyata sangat kuat. Tak tanggung-tanggung, hewan ini bahkan bisa melompat hingga 20 kali dari panjang tubuhnya.

4. Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

Terdapat dua jenis metamorfosis pada serangga, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Belalang tergolong serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, karena hanya melalui proses telur-nimfa-dewasa.

Sementara itu, metamorfosis sempurna melewati tahapan mulai dari telur-larva-pupa-dewasa. Contoh serangga yang mengalami proses metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu.

5. Belalang Termasuk Herbivora

Serangga yang satu ini tergolong ke dalam hewan herbivora, yakni hanya memakan tanaman. Ia mampu menghancurkan seluruh tanaman, seperti kapas, biji-bijia, dan yang lainnya.

Terdapat beberapa jenis belalanga yang memakan semua jenis tanaman, namun ada juga yang hanya memakan jenis makanan tertentu saja.

6. Belalang Sudah Ada Sebelum Dinosaurus Muncul ke Bumi

Belalang termasuk serangga yang sudah sangat tua. Dilansir dari laman Thought Co, belalang primitif muncul pertama kali sekitar 300 juta tahun lalu, alias puluhan juta tahun sebelum kemuculan Dinosaurus. Bahkan di antara semua jenis serangga pemakan tumbuhan, belalang merupakan salah satu yang paling awal muncul.

Demikianlah informasi mengenai fakta-fakta unik serangg belalang yang menarik untuk diketahui. Mulai  dari tak memiliki telinga, hingga merupakan hewan purba yang muncul jauh sebelum dinosaurus hadir ke bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]