Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Fakta Menarik Cacing Tanah yang Jarang Diketahui

Fakta Menarik Cacing Tanah yang Jarang Diketahui


Kamu tentu telah familiar dengan hewan avertebrata yang satu ini. Cacing tanah umumnya ditemukan hidup di tanah, memakan bahan organik hidup dan mati.

Terkadang hewan ini sangat ditakuti oleh beberapa orang, karena bentuknya yang unik dan terlihat menggelikan. Uniknya, hewan tak bertulang belakang ini banyak dicari dalam jumlah yang banyak dengan tujuan tertentu, seperti pakan ternak seperti ayam atau sebagai bahan pembuatan obat-obatan.

Hal tersebut menandakan bahwa cacing tanah memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, keberadaan cacing tanah ini juga dapat meningkatkan kesuburan tanah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta menarik cacing tanah, antara lain:

1. Sensitif Terhadap Cahaya

Kita semua tentu mengetahui bahwa cacing tanah hidup dalam tanah, selalu berada dalam kegelapan dan jarang keluar dari tempat asalnya. Hal tersebut disebabkan karena faktanya cacing sangat sensitif terhadap cahaya.

Dilansir dari wormfarmguru.com, cacing akan mengalami kelumpuhan jika terkena cahaya selama kurang lebih satu jam. Oleh karena itu, hewan ini memiliki pendeteksi cahaya lewat kulitnya, agar dapat menjauh dari sumber cahaya sehingga kulitnya tetap lembab.

2. Dapat Hidup Lebih Lama

Hewan yang satu ini diketahui dapat bertahan hidup untuk waktu yang cukup lama. Cacing juga memiliki bentuk tubuh yang sama persis dalam jangka waktu yang lama. Cacing bisa hidup hingga delapan tahun jika berada di lingkungan yang dilindungi dan stabil.

3. Bernafas Dengan Kulit

Jika diamati, hewan ini memiliki permukaan kulit yang segmen. Hal itu dikarenakan di dalam tubuhnya tidak terdapat paru-paru sehingga ia bernafas dengan menggunakan kulitnya. Setiap jenis cacing mempunyai jumlah segmen yang berbeda-beda. Cacing tanah berjenis Lumbricus memiliki segmen sekitar 90 hingga 195 dimana klitelum berada di segmen 27 hingga 32.

Berbeda dengan cacing tanah berjenis Pheretima yang hanya memiliki segmen sekitar 95 hingga 150 segmen dimana klitelum berada di segmen 14 hingga 16. Keunikan lainnya adalah hati yang dalam satu ekor cacing mencapai 1 hingga pasang bagian hati.

4. Kotorannya Menyuburkan Tanah

Keberadaan cacing diketahui dapat menyuburkan tanah. Kotoran cacing tanah ini sangat mirip seperti tanah, mengandung banyak unsur hara yang diperlukan tumbuhan untuk dapat tumbuh subur.

5. Memiliki Kemampuan Untuk Beregenerasi

Cacing tanah mempunyai kemampuan yang istimewa, bahkan dapat melakukan hal unik yang hanya bisa dilakukan oleh beberapa spesies hewan saja di dunia ini. uniknya, hewan ini dapat melakukan regenerasi, sehingga apabila bagian tubuhnya terpotong, akan dapat tumbuh kembali dengan sendirinya. Hal tersebut sama seperti cicak yang ekornya bisa tumbuh kembali jika terputus.

Itulah beberapa fakta unik yang harus kamu ketahui seputar cacing tanah. Hewan yang unik dan bahkan dijauhi banyak orang, namun ternyata punya keunikan tersendiri serta memegang peran penting dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]