Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengenal Klasifikasi, Morfologi, Habitat dan Manfaat Udang Galah

Mengenal Klasifikasi, Morfologi, Habitat dan Manfaat Udang Galah

 


Hampir seluruh masyarakat, khususnya di Indonesia mungkin sudah sering mendengar tentang udang galah. Sebab, hewan yang satu ini memang menjadi salah satu rekomendasi santapan yang nikmat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Udang galah sendiri adalah salah satu hewan avertebrata yang termasuk ke dalam spesies Macrobrachium rosenbergii . Udang galah memiliki ciri-ciri fisik yang lebih besar dari jenis udang lainnya dan hidup di daerah perairan air tawar yang dangkal.

Klasifikasi Udang Galah

Kingdom : Animalia

Phylum : Arthropoda

Class : Malacostraca

Order : Decapoda

Family : Palaemonoidea

Genus : Macrobrachium

Specific name : rosenbergii

Scientific name : Macrobrachium rosenbergii

Morfologi Udang Galah


Tubuh dari udang galah terdiri dari ruas-ruas yang ditutup dengan kulit yang keras, tidak elastris dan terdiri dari zat chitin. Tubuh udang galah juga terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kepala dada (Cephalothiorax), badan (abdomen) dan ekor (uropoda).

Bagian cephalothorax dibungkus oleh kulit keras yang disebut carapace. Pada bagaian depan terdapat tonjolan yang bergerigi disebut rostrum. Secara taksonomi rostrum mempunyai fungsi sebagai penunjuk jenis (species).

Ciri khusus udang galah yang membedakan dengan jenis udang lainnya adalah bentuk rostrum yang panjang dan melengkung seperti pedang dengan jumlah gigi bagian atas 11-13 buah dan gigi bawah 8-14 buah.

Pada bagian dada terdapat lima pasang kaki jalan (periopoda). Pada udang galah jantan dewasa, pasangan kaki jalan ke-2 yang tumbuh sangatlah panjang dan besar.  Panjangnya dapat mencapai 1,5 kali panjang badannya . Sedangkan pada udang galah betina dewasa, pertumbuhan kaki jalan ke-2 tidak begitu mencolok.

Disamping itu, bagian abdomen terdiri dari lima ruas, tiap ruas dilengkapi sepasang kaki renang (pleiopoda). Pada udang galah betina bagian ini agak melebar, membentuk semacam ruangan untuk mengerami telurnya (broadchamber).

Kemudian, bagian uropoda yang merupakan ruas terakhir dari ruas badan memiliki kaki renang yang  berfungsi sebagai pengayuh atau yang biasa disebut ekor kipas. Uropoda terdiri dari bagian luar ( exopoda) dan bagian dalam (endopoda) serta bagian ujungnya meruncing disebut telson.

Habitat Udang Galah


Berdasarkan tingkah laku dan kebiasaan hidupnya, udang galah dewasa sebagian besar menjalani hidupnya di daerah dasar perairan air tawar. Sedangkan udah galah yang masih di fase larva, memiliki sifat planktonik yang sangat memerlukan air payau.

Udang galah memiliki habitat di perairan sebgaimana umumnya, seperti rawa, danau, dan sungai yang berhubungan langsung dengan laut. Hal ini karena udang galah memiliki sifat Eurohaline. Hewan ini juga mempunyai sifat toleransi yang tinggi terhadap salinitas yakni berkisar 0 sampai dengan 20 ppt.

Secara alami, penyebaran udang galah meliputi daratan Indopasifik mulai dari bagian timur benua Afrika sampai dengan kepulauan Malaysia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, udang galah tersebar luas mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan sampai dengan ke Papua.

Manfaat Udang Galah


Jika kita telah membahas klasifikasi dan habitat dari udang galah, kita juga tentunya wajib mengetahui manfaat dari hewan ini. Pasalnya,udang galah memang menjadi santapan yang sangat nikmat dan bergizi yang banyak digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah manfaat dari mengonsumsi udang galah yang bisa Kamu ketahui:

1. Membantu meningkatkan energi

2. Membantu menguatkan tulang

3. Membantu mengurangi risiko depresi

4. Membantu menjaga kesehatan kulit

5. Mencegah anemia

6. Sebagai sumber antioksidan

7. Sumber protein yang sangat baik

8. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Nah, manfaat dari udang galah tersebut menjadi penutup dari pembahasan kita seputar udang galah. Semoga tulisan di atas bisa menambah pengetahuanmu tentang udang galah dan nantinya Kamu juga bisa ikut membantu untuk membudidayakan hewan yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]