Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Tertusuk Bulu Babi, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Tertusuk Bulu Babi, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

 

Wisata Aceh Timur memang menawarkan segudang pesona yang memikat mata. Namun, kamu juga harus berhati-hati dengan potensi bahaya dari biota penghuninya, bulu babi misalnya. Jika sudah tertusuk, duri hewan yang juga dikenal dengan nama landak laut ini bisa menyebabkan gejala ringan hingga parah. Lantas, gimanasih pertolongan pertama yang tepat ketika tertusuk bulu babi?

Pada dasarnya, hewan laut terseram ini memiliki dua sistem pertahanan, yaitu duri dan pedicellariae. Duri yang menyelimuti semua bagian makhluk laut ini cukup tajam untuk menusuk kulit, namun juga mudah patah. Akibatnya, saat kamu tak sengaja tertusuk, patahan duri-duri bisa menancap dan tertinggal di kulit bagian dalam.

Sistem pertahanan diri yang kedua adalah pedicellarie, yaitu organ halus yang terletak di antara duri-duri landak laut. Sistem ini berfungsi untuk melepaskan racun ketika bulu babi menempel pada suatu objek, termasuk ketika hewan laut satu ini tak sengaja kamu injak.

Itulah mengapa perlu pertolongan pertama yang tepat bila kamu tak sengaja menginjak bulu babi. Untuk itu, ini langkah-langkah mengobati sengatan bulu babi.

1. Merendam Luka

Hal pertama yang pernah dilakukan Kenny Austin saat tak sengaja menginjak bulu babi adalah tetap tenang dan santai. Jika kamu panik, maka akan mempercepat penyebaran racun ke bagian tubuh lainnya. Setelah itu, segerelah menepi ke daratan. Lalu, rendam area yang tertusuk bulu babi di dalam air hangat atau air garam selama 30-90 menit guna mengurangi rasa sakit dan melunakkan duri yang menancap pada kulit.

Selain itu, dengan cara merendam kulit yang terkena bulu babi juga bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kulit. Penting untuk diketahui, merendam luka tusuk landak laut dengan menggunakan urine bukanlah cara yang tepat. Cara itu malah akan meningkatkan risiko infeksi dari kuman yang terdapat pada urine.

2. Menyingkirkan Duri

Secara perlahan, cobalah untuk mencabut potongan duri bulu babi sebanyak yang kamu bisa. Ini adalah cara mengatasi yang juga bisa kamu lakukan bila tertusuk bulu babi. Jika memungkinkan, gunakan pinset untuk mengambil duri-duri besar yang tertancap di kulit.

Kamu juga bisa menggunakan pisau cukur untuk mengikis pedicellaria yang tertinggal di kulit. Pastikan kamu menggunakannya dengan hati-hati. Setelah berhasil mencabut duri-duri tersebut, segera bersihkan luka dengan sabun dan air bersih. Hal ini penting untuk menghindari infeksi di area yang terdampak.

Masalah terbesar yang perlu diwaspadai adalah duri landak laut yang sering pecah di bawah kulit. Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika mencabut duri tersebut dari kulit. Pastikan kamu mengetahui hero terkuat Mobile Legend agar bisa mengambil durinya secara utuh sehingga tidak ada yang tertinggal di dalam kulit.

3. Minum Obat Pereda Nyeri

Kamu jua bisa mengurangi rasa sakit dari luka tusukan ikan Channa dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Jika area yang tertusuk bulu babi terasa gatal, kamu juga bisa mneggunakan salep yang bisa dibeli bebas di toko obat.

Sebaiknya, segera hentikan penggunaan obat asal-asalan dan segera hubungi dokter jika gejala yang kamu alami semakin memburuk. Selain itu, penggunaan krim antibiotic oles juga bisa membantu meringankan gejala yang ada. Namun, pastikan dulu kamu sudah berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakannya. Sebab, obat tersebut tidak boleh sembarang digunakan.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan saat terkena bulu babi. Dengan begitu, luka yang terdapat pada tubuhmu tidak akan cepat menyebar dan kebugaran jasmanimu tetapn terjaga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]