Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Jangan Diremehkan, Ini 5 Jenis Ubur-ubur Paling Berbahaya dan Mematikan

Jangan Diremehkan, Ini 5 Jenis Ubur-ubur Paling Berbahaya dan Mematikan

 

Ketika berlibur ke pantai, tak lengkap rasanya bila tidak mencoba snorkeling. Terlebih lagi ketika anak-anak banyak yang suka berenang dan kagum melihat pemandangan bawah laut yang indah.

Ketika berenang di laut, anak mungkin akan melihat ubur-ubur.Ubur-ubur memiliki tubuh yang transparan dan menyala di tengah lautan yang gelap. Hewan laut yang satu ini memang memiliki ciri fisik yang indah.

Sayangnya, tubuhnya yang sekilas lemah ini seringkali membuat banyak anak-anak tak menyadari bahwa ubur-ubur juga bisa berbahaya. Meski beberapa spesies ubur-ubur memang tidak berbahaya. Namun, tidak semuanya juga selemah itu. Pasalnya beberapa spesies tertentu bisa menjadi penyebab munculnya alergi pada anak, bahkan bisa mematikan bagi manusia.

Agar menjaga anak lebih berhati-hati sambil meningkatkan pengetahuannya, berikut kami telah merangkum 5 jenis ubur-ubur yang berbahaya & mematikan, yang perlu anak tahu.

1. Lion's mane jellyfish

Lion's Mane Jellyfish merupakan ubur-ubur besar yang memiliki diameter hingga 2,5 meter dan panjang tentakel hingga 30 meter lebih.

Tidak hanya ukurannya sebesar ikan paus, ubur-ubur jenis yang satu ini juga terkenal akan sengatannya yang sangat menyakitkan. Sengatan spesies ubur-ubur ini memang bukan yang paling mematikan, tapi beberapa kasus tertentu bisa berakibat fatal bagi manusia.

2. Canonball Jellyfish

Memiliki ciri fisik yang bulat, membuat Canonball Jellyfish terlihat menggemaskan dan menarik perhatian. Bahkan ubur-ubur jenis ini pernah dijadikan sebagai makanan khas Jepang.

Ubur-ubur Canonball ini bisa ditemukan di Samudera Atlantik hingga Pasifik, dan sering tertangkap jaring nelayan. Banyak nelayan yang beranggapan bahwa Canonball Jellyfish tidak berbahaya sama sekali, karena mereka memang jarang menyengat.

Namun, anggapan bahwa Canonball Jellyfish yang tidak berbahaya sebenarnya sangat keliru lho! Canonball Jellyfish memang jarang menyengat, tapi sekalinya menyengat mereka dapat menyebabkan serangan jantung bagi manusia.

3. Portuguese man o'war

Mendengar namanya, mungkin anak akan terheran-heran karena bukan nama yang umum untuk seekor hewan. Yup, nama ubur-ubur ini memang terinspirasi dari nama sebuah angkatan laut Portugis di abad ke-17.

Nyatanya, bentuk ubur-ubur Portuguese Man O'war ini memang kurang lazim dibandingkan spesies lainnya. Portuguese Man O'war umumnya berwarna merah atau ungu, beberapa bahkan berwarna biru dengan bentuk menyerupai kapal.

Spesies ini sekilas tampak lucu dan beberapa anak yang mengunjungi pantai mungkin akan berpikir jika ini adalah mainan tips menggunakan hero hanzo. Meski memang terlihat lucu, jangan sampai anak memegangnya ya! Karena sengatan spesies ini terasa seperti cambukan dan masih terasa hingga beberapa hari setelahnya.

4. Irukandji jellyfish

Jika dibandingkan dengan ubur-ubur Lion's Mane, ubur-ubur jenis Irukandji Jellyfish ini mungkin tidak ada apa-apanya, karena ukuran tubuhnya yang hanya 0,5 sentimeter dan transparan.

Namun jangan salah, Irukandji Jellyfish merupakan spesies ubur-ubur paling mematikan di dunia. Bahkan racun Irukandji Jellyfish bisa seratus kali lebih kuat dari ular kobra lho!

Sengatannya bahkan menyebabkan rasa sakit seperti terbakar yang bertahan selama 12 jam, kram perut, mual, muntah, hingga gangguan jantung. Seolah belum cukup, korban juga bisa mengalami gejala psikologi di mana mereka merasa akan segera meninggal.

Hal yang membuat ubur-ubur ini jadi sangat berbahaya adalah ukurannya yang sangat kecil. Di lautan luas, ubur-ubur ini nyaris tidak terlihat yang membuatnya jadi sangat sulit terdeteksi.

5. Sea Wasp Box Jellyfish

Saat berenang di Dermaga Biru, serangan hiu bukan satu-satunya yang patut anak waspadai. Selain itu, anak juga harus berhati-hati dengan serangan ubur-ubur kotak atau Sea Wasp Box Jellyfish. Spesies ini memiliki lebar sekitar 25 sentimeter dengan lima belas tentakel sepanjang 3 meter.

Bahayanya, setiap tentakel memiliki setengah juta anak panah lengkap dengan racun mematikan yang dapat membunuh enam puluh laki-laki dewasa sekaligus. Rata-rata korban ubur-ubur kotak tidak pernah selamat, mereka akan meninggal dalam hitungan menit setelah disengat.

Nah itulah beberapa jenis ubur-ubur yang berbahaya & mematikan. Yup, ubur-ubur sekilas memang terlihat menggemaskan dengan tubuh transparan, tipis, dan menyala di kegelapan.

Namun melihat informasi di atas, pastikan untuk selalu mengingatkan anak agar tidak sembarangan memegang ubur-ubur, baik yang berada di laut atau di tepi pantai. Karena itu bisa saja ubur-ubur yang berbahaya dan mengancam jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]