Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

7 Fakta Menarik Kuda Laut, Sijantan yang dapat Beranak

 7 Fakta Menarik Kuda Laut, Sijantan yang dapat Beranak


Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Ya benar! Kuda laut. Hewan ini merupakan jenis ikan yang hidup di laut yang bersala dari genus Hippocampus dan famili Syngnathidae. Hewan yang mirip seperti kuda ini memiliki ukuran bervariasi antara 16 mm sampai 35 cm tergantung spesiesnya. Kuda laut dapat ditemukan di hampir semua perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.

Salah satu keunikan dari hewan ini adalah satu-satunya hewan yang pejantannya dapat hamil. Unik bukan? Istilah hamil ini bukan berarti pejantan yang bertelur ya, fungsi pejantan hanya mengerami dan membawa telur hingga menetas karena ia memiliki kantong di depan perutnya.

Masih banyak fakta menarik lainnya yang bisa kita bahas mengenai hewan ini. Bagaimana? Penasaran kan ? Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini beberapa fakta menarik Kuda laut yang belum kamu ketahui, simak selengkapnya!

1. Memiliki Kerangka yang Sangat Keras

Fakta pertama adalah kuda laut mungkin terlihat kecil, tetapi hewan ini dapat menahan kekuatan penghancur tingkat tinggi yang dapat membunuh makhluk lain seukuran mereka. Kuda laut adalah ikan bertulang, tetapi tulang belakang mereka dilindungi dengan pelat tulang berbentuk cincin yang membentang di sepanjang tubuh, seperti rangkaian panjang baju besi yang fleksibel. Dengan demikian, kerangka kuda laut bisa bengkok dan terdistorsi, tetapi sangat sulit untuk dipatahkan.

2. Memiliki Sirip yang sangat Kecil

Melalui evolusi, ukuran sirip kuda laut telah menyusut dan mereka telah kehilangan sirip ekor sepenuhnya.  Namun, kuda laut masih memiliki sirip dada, sirip dubur, dan sirip punggung.  Sirip-sirip tersebut berukuran sangat kecil yang bahkan sulit untuk dilihat.

3. Tinggal di Air tapi Perenang yang Lambat

Meskipun kuda laut adalah ikan, tubuhnya sama sekali tidak berbentuk seperti ikan pada umumnya.  Kuda laut memiliki ekor panjang keriting, moncong memanjang, dan kepala yang mirip kuda.

Kuda laut berenang dengan tubuh tegak dan tanpa sirip ekor untuk membantu mendorong mereka melewati air.  Sebaliknya, sirip punggung kecil mereka bekerja sendiri sehingga kuda laut berenang dengan sangat lambat.

4. Memiliki Ekor yang bisa Menggenggam

Alih-alih sirip ekor, kuda laut memiliki ekor yang dapat memegang seperti monyet. Ekor kuda laut sangat fleksibel dan dapat meraih benda-benda seperti batu dan karang.  Dengan ekornya, kuda laut dapat berlabuh dengan aman saat mereka perlu istirahat atau saat berburu.

5. Ahli Kamuflase

Kuda laut adalah ahli kamuflase yang dapat berubah warna untuk berbaur dengan lingkungannya. Beberapa spesies kuda laut bahkan dapat mengubah bentuk tubuhnya agar lebih cocok dengan lingkungan sekitarnya. Keterampilan ini membantu kuda laut saat mereka menguntit dan menyergap mangsanya, menjadikan mereka pemburu yang sangat terampil.

6. Dapat Melihat 360 Derajat

Sama seperti bunglon, kuda laut memiliki kemampuan melihat 360 derajat. Kemampuan ini sangat membantunya untuk lebih waspada terhadap predator, juga dalam mendapatkan makanan.

7. Pejantan yang Melahirkan

Sangat unik, kuda laut jantan yang bertugas melahirkan. Prosesnya adalah si betina menyimpan telur di dalam kantung yang berada pada dada si jantan, kemudian akan dibuahi selama 10 hari hingga 6 minggu.

8. Kuda Laut Sebagai Obat untuk berbagai Macam Penyakit

Sejak 6 abad lalu, telah tercatat dalam zaman kekaisaran Tiongkok, kuda laut mulai ditangkap oleh masyarakat. Kuda laut ini digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, pernapasan dan peradangan.

Kuda laut juga dieksploitasi untuk menyembuhkan penyakit yang cukup berat seperti gangguan fungsi otak, hati, jantung, ginjal dan juga penyakit kanker, serta untuk meningkatkan stamina dan fertilitas.

Itulah Fakta Menarik dari kuda laut, sijantan yang bisa beranak. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]