Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

6 Fakta Menarik Laba-laba Laut, hewan unik dengan kaki banyak

6 Fakta Menarik Laba-laba Laut, hewan unik dengan kaki banyak


Laba-laba merupakan jenis hewan yang dikenal oleh semua orang. Mereka terdiri dari puluhan ribu spesies yang semuanya hidup di darat, meski ada beberapa yang bisa berburu di air. Namun apakah kamu tahu bahwa ada "laba-laba" yang sepenuhnya hidup di air?

Hewan unik itu disebut laba-laba laut. Mereka terdiri dari ribuan spesies yang tersebar di banyak lautan di dunia. Seperti apa hewan tersebut dan apa saja keunikannya? Yuk,simak ulasan lengkap mengenai informasi fakta menarik laba-laba laut di bawah ini.

1. Bukan laba-laba sungguhan

Hewan yang dikenal sebagai laba-laba laut sebenarnya bukan laba-laba sungguhan. Meskipun disebut laba-laba, mereka termasuk dalam kelas Pycnogonida dan ordo Pantopoda. Meski begitu, mereka tetap memiliki keterkaitan dengan laba-laba yang kita kenal karena keduanya termasuk dalam filum Arthropoda.

Dilansir Theehugger, laba-laba laut terdiri dari 1000 spesies. Masing-masing memiliki ukuran beragam. Mulai dari ukura 1 milimeter hingga 50 sentimer. Mereka tersebar di laut di dunia, baik di laut dangkal hingga kedalam lebih dari 7 ribu meter.

2. Tubuhnya hampir saman dengan laba-laba

Tidak mengherankan bahwa hewan yang unik ini dikenal sebagai laba-laba laut. Mereka memiliki tubuh kecil dan ramping dengan kaki yang panjang, mirip dengan laba-laba darat. Bahkan, tubuh mereka yang ramping menyerupai kaki-kaki mereka. Oleh karena itu, mereka cocok dimasukkan ke dalam ordo Pantopoda, yang secara harfiah berarti "kaki semua".

Dilansir dari laman NOAA, laba-laba laut raksasa umumnya memiliki delapan kaki, meskipun ada beberapa spesies yang memiliki lima atau enam kaki. Mereka mampu berjalan di dasar laut, mengambang, dan bahkan berenang.

3. Merupakan predator yang menghisap cairan tubuh mangsanya

Laba-laba laut, hamper sama dengan laba-laba yang ada di darat, merupakan predator yang memangsa hewan laut bertubuh lunak seperti ubur-ubur, anemon laut, dan cacing. Mereka menggunakan cara menangkap dan mengisap cairan tubuh korban dengan mulutnya yang panjang seperti belalai.

Belalai laba-laba laut sering kali lebih panjang dari tubuh mereka, dan di ujungnya terdapat tiga bibir yang dilengkapi dengan gigi pada beberapa spesies. Ketika mereka mengisap cairan tubuh mangsa, cairan tersebut bercampur dengan enzim yang memungkinkan mereka mencernanya.

4. Mempunyai sistem pernapasan yang unik

Tidak hanya memiliki mulut berbentuk belalai, laba-laba laut juga memiliki keunikan lainnya. Mereka memiliki eksoskeleton atau kerangka luar, tetapi tidak keras seperti serangga. Melalui kerangka luar ini, mereka mampu menghirup oksigen dari air dan mengarahkannya ke dalam tubuh mereka.

Oksigen yang masuk melalui kerangka luar akan menuju organ pencernaan yang terdistribusi di kaki-kaki mereka. Kemudian, organ tersebut akan berkontraksi, memastikan bahwa oksigen dan nutrisi tersebar ke seluruh tubuh. Laba-laba laut adalah satu-satunya hewan yang memiliki sistem pernapasan yang unik seperti itu.

5. Merupakan ayah yang baik

Ternyata, laba-laba laut jantan adalah ayah yang sangat baik. Karena saat betina meletakkan telur, sang jantan akan menggunakan sepasang kaki khusus yang disebut oviger untuk membawa telurnya. Laba-laba laut jantan akan terus membawa dan menjaga telur-telurnya sampai mereka menetas.

6. Termasuk hewan tertua di bumi

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai laba-laba laut, padahal sebenarnya mereka merupakan salah satu hewan tertua di planet ini. Menurut laman Treehugger, diperkirakan laba-laba laut telah hidup sejak 500 juta tahun yang lalu, artinya mereka bahkan lebih tua daripada dinosaurus.

Tidak hanya itu, laba-laba laut juga terbukti sangat tangguh. Mereka berhasil bertahan melewati berbagai peristiwa yang menyebabkan kepunahan massal, seperti perubahan iklim dan bahkan jatuhnya asteroid. Mereka adalah penyintas yang luar biasa!

Inilah enam fakta menarik mengenai laba-laba laut, hewan laut yang memiliki kemiripan dengan laba-laba. Karena fakta menarik hewan trantula atau laba-laba hampir sama. Sehingga membuat mereka benar-benar hewan yang unik dan mengagumkan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]