Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Berbahaya Tetapi Fakta Unik Gurita Sangat Mengherankan

Berbahaya Tetapi Fakta Unik Gurita Sangat Mengherankan

Gurita adalah makhluk nakal yang gemar bermain, penuh rasa ingin tahu. Gurita memiliki sel-sel otak yang mengalir di seluruh tubuh. Kemampuan mereka mungkin akan mengejutkan kita.

Jenis gurita juga ada yang sangat berbahaya, contohnya adalah gurita cincin biru. Apakah anda pernah mendengar gurita cincin biru? Seberapa bahayakan gurita cincin biru?

Racun gurita cincin biru lebih mematikan dari racun sianida. Jadi anda harus berhati-hati jika berhadapan dengan gurita cincin biru.

Berikut ini fakta unik gurita yang sangat menakjubkan. Namun sebelum itu, agar kamu lebih nyaman membaca artikel ini, ada baiknya apabila kamu sembari mendengarkan musik atau lagu chord dermaga biru. Langsung saja yuk simak ulasan berikut ini.

Fakta Gurita Yang Sangat Mengherankan

Gurita pintar kreatif tapi sebagian besar sel otak mereka sebenarnya ada di 'lengan' Gurita memiliki sistem saraf yang besar. Berikut ini faktu unik gurita :

1. Gurita Memiliki Kemampuan Mengingat

Penelitian yang dilakukan dalam 70 tahun terakhir menunjukkan bahwa binatang ini dapat dilatih untuk melakukan tugas-tugas sederhana. Dalam satu percobaan tertentu, sejumlah gurita mampu menarik tuas untuk mendapatkan hadiah berupa sepotong sarden. Gurita juga telah menjalani tes visual dan dihadapkan pada tugas sederhana, salah satunya mengingat suatu hal dalam satu mata tertutup dan kemudian yang lain. Itu adalah proses yang panjang, tapi gurita mengungguli banyak hewan lain, termasuk merpati.

2. Gurita Gemar Bermain

Gurita adalah makhluk yang menyenangkan. Beberapa gurita di laboratorium terlihat menghabiskan waktu meniup botol pil di sekitar tangki, memantulkan botol bolak-balik di aliran air yang berasal dari katup masuk tangki.

Untuk banyak spesies gurita, kita dapat mengetahui apakah mereka jantan atau betina jika mereka memiliki alur di bawah lengan kanan ketiganya. Jika alur itu ada, maka gurita itu jantan. Mereka menggunakan lengan ini untuk kawin. Mereka bereproduksi dengan merentangkan lengan itu ke arah betina dan, jika dia menerimanya, sebungkus sperma dilewatkan di sepanjang bagian bawah lengan. Betina sering kemudian menyimpan sperma untuk beberapa waktu sebelum membuahi telur mereka.

3. Gurita Memiliki Standart Sapaan

Ketika gurita sedang bergerak, mereka kadang-kadang terlihat "menyerang" dengan tangan mereka ke gurita lain di sarang. Namun, Profesor Stefan Linquist, yang telah mempelajari perilaku gurita, percaya bahwa interaksi ini sebenarnya adalah tos alias tamparan tangan yang membantu gurita mengenali satu sama lain.

4. Gurita Tidak Memiliki Kerangka Tubuh

Seekor gurita dapat masuk melalui lubang seukuran bola matanya dan mengubah bentuk tubuhnya hampir tanpa batas. Tidak memiliki kerangka atau cangkang adalah hal yang tidak biasa bagi hewan dengan ukuran dan kompleksitas gurita. Kualitas ini membuat mereka lebih rentan terhadap pemangsa pada satu tingkat, tetapi juga memungkinkan mereka untuk bersembunyi.

5. Gurita Memiliki Banyak Hati

Gurita memiliki tiga hati. Jantungnya memompa darah yang berwarna biru-hijau. Mereka menggunakan tembaga sebagai molekul pembawa oksigen, bukan besi yang membuat darah kita menjadi merah.

6. Gurita Bisa Menakutkan

Gurita bisa berubah warna dan pola. Ketika seekor gurita jantan yang agresif hendak menyerang gurita lain, ia akan sering terlihat gelap, bangkit dari dasar laut, dan merentangkan tangannya sedemikian rupa sehingga memperbesar ukuran tubuhnya. Kadang-kadang dia akan mengangkat mantelnya, seluruh bagian belakang tubuhnya, di atas kepalanya. Ini dijuluki pose "nosferatu" karena kemiripannya dengan postur vampir.

Demikianlah fakta unik dari gurita yang bisa admin rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bisa berguna untuk sahabat semua. Marilah kita melestarikan ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa dengan tidak merusak kehidupan laut.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]