Langsung ke konten utama

Mengenal Fakta Menarik Kaki Seribu

Kaki seribu adalah hewan yang sering di jumpai disekita rumah. Hewan ini biasanya aktif pada malam hari dan ditemukan didaerah dengan kelembaban udara yang tinggi.  Kali ini akan membahas tentang kaki seribu. Yuk, simak pembahasan artikelnya berikut ini. Taksonomi Berikut ini adalah taksonomi kaki seribu, yaitu: Kingdom               Animalia Filum                      Arthropoda Kelas                      Diplopoda Ordo                       Polydesmida Famili                     Eurymerodesmidae Genus                    Eurymerodesmus Ciri-Ciri Kaki Seribu Pada hampir setiap segmen tubuh dari kaki seribu dewasa terdapat dua pasang kaki. Kaki seribu memiliki tubuh yang terbagi atas dua bagian, kepala di sebelah depan dan bagian tubuh yang panjang dibelakangnya. Tubuhnya terdiri dari segmen-segmen tubuh berbentuk cincin. Memiliki tubuh kecil seperti jari manusia Berwarna merah dibagian punggungnya, dibagian kakinya berwarna hitam Memiliki kaki yang banyak.

Daftar Semut Yang Paling Berbahaya Serta Trik Untuk Mengusirnya

 

Semut merupakan serangga yang termasuk dalam ordo Hymenoptera. Semut telah berevolusi sekitar 140 juta tahun yang lalu dari serangga yang mirip lebah.

Spesies semut yang teridentifikasi saat ini berjumlah 12.500 spesies. Serangga berukuran kecil ini termasuk serangga teritorial yang mempertahankan dirinya dengan cara mengigit atau menyengat.

Beberapa jenis semut memiliki gigitan yang mematikan hingga masuk dalam jajaran semut paling berbahaya di dunia.

Dilansir dari World Atlas, 15 Agustus 2019, berikut ada daftar semut paling mematikan di dunia yang perlu dihindari ketika melihatnya.

Jenis - Jenis Semut Yang Paling Berbahaya 

1. Semut peluru

Semut peluru atau Paraponera clavata memiliki sengatan yang nilainya berada di puncak indeks rasa sakit akibat sengatan. Banyak yang membandingkan gigitan semut peluru dengan ditembak sehingga jenis semut yang satu ini dinamai semut peluru.

Semut Terinfeksi Jauhi Kawannya yang Sehat, gigitan semut peluru menyebabkan gelombang rasa sakit yang berdenyut dan terbakar selama 24 jam. Meski tidak termasuk semut yang agresif, semut yang tersebar di seluruh Amerika Selatan dan Tengah ini bisa ganas saat mempertahankan sarangnya.

1. Semut Bulldog

Guinness World telah mencatat semut bulldog sebagai semut paling mematikan di dunia. Semut bulldog atau myrmecia ini banyak ditemukan di Australia. Ukuran semut bulldog sangat besar.

Semut dengan 93 spesies ini memiliki rahang panjang yang ramping, mata yang besar, dan gigitan yang beracun. Sebagian besar spesies semut bulldog berwarna oranye terang atau merah di bagian perut atau kepalanya. Dinobatkan sebagai semut paling berbahaya, sejak tahun 1988, semut bulldog telah menyebabkan tiga kematian. Sangat mengerikan bukan.

2. Semut api

Semut api merupakan nama untuk lebih dari 200 spesies semut yang termasuk dalam genus Solenopsis. Semut api dikenal karena sengatannya yang sangat menyakitkan. gigitannya mengakibatkan sensasi terbakar dan gatal-gatal.

3. Semut tentara

Semut tentara merupakan jenis semut predator agresif yang berbahaya bagi manusia. Semut ini cenderung bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain karena tidak memiliki sarang permanen. Biasanya, semut tentara mengirim kelompok pengumpul tanpa pemimpin yang akan menyerbu mangsa mereka. Seluruh koloni semut tentara dapat memakan lebih dari 500.000 hewan mangsa per hari.

4. Semut Florida

Semut Florida semut Florida tergolong genus Pogonomyrmex yang berasal dari gurun di Amerika Selatan, Tengah, dan Utara. Semut Florida dikenal senang mengumpulkan benih untuk makanan. Meski tidak agresif, semut Florida bisa menyengat dan sengatannya terasa sangat sakit.

Rasa sakit akibat sengatan semut Florida bisa berlangsung sangat lama dengan pembengkakan karena adanya racun yang menyebar melalui saluran getah benting.

5. Semut kuda poni

Semut kuda poni merupakan salah satu semut paling mematikan yang umum ditemui di Australia. Semut ini memiliki sengatan yang sangat kuat dan terasa sangat menyakitkan. Sengatan semut kuda poni memiliki racun yang cukup untuk menyebabkan syok anafilaksis pada orang yang sensitif.

6. Semut pohon hijau

Semut pohon hijau atau semut rangrang merupakan jenis semut yang banyak di temukan di Asia Tropis dan Australia. Semut pohon hijau membangun koloni dengan lebih dari 500.000 semut. Mereka tidak menyengat, namun gigitannya sangat menyakitkan.

Bagaimana cara mengusir semut dari rumah?

Koloni semut dapat tumbuh berkembang belasan hingga ribuan kali dari jumlah sebelumnya. Berikut adalah beberapa cara mengusir semut masuk kedalam rumah yang dapat dilakukan sendiri:

Membersihkan sesegera mungkin tumpahan remahan-remahan makanan dan tumpahan manis di permukaan lantai.

  1. Menutup setiap celah terkecil di dinding, jendela, dan pondasi bangunan dengan menggunakan perekat tembok. Semut akan memanfaatkan celah-celah tersebut sebagai akses masuk ke dalam rumah Anda untuk mencari makan.
  2. Menyimpan makanan dalam wadah tertutup dan hindari untuk membiarkan makanan yang hendak di makan dalam keadaan terbuka bebas.
  3. Membuang sampah keluar rumah dan hindari untuk menimbun sampah di dalam rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Avertebrata Laba-Laba : Klasifikasi, Ciri-Ciri, dan Keragamannya

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Laba-laba merupakan sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda). Hewan ini memiliki dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak memiliki mulut pengunyah, tidak memiliki sayap, serta memiliki jaring perekat. Semua jenis laba-laba tergolong ke dalam ordo Araneae bersamaan dengan kalajengking, tungau, ketonggeng, dan semua hewan berkaki delapan. Bidang ilmu yang memperlajari tentang laba-laba disebut dengan arachnologi. Araneae adalah ordo terbesar dalam arachnida dan masuk dalam peringkat ke tujuh dari total keragaman spesies seluruh ordo organisme. Hewan ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh dunia di setiap benua kecuali Antartika dan telah bertahan lama di hampir semua habitat kecuali kolonisasi udara dan laut. Hewan berkaki delapan ini memangsa serangga dan hewan-hewan kecil lainnya atau kerap disebut jenis karnivora. Terkadang, ia juga bersifat kanibal jika tidak menemukan mangsa lainnya. Laba-laba mempunyai bisa yang berfung

Fakta Unik Laba-Laba yang Harus Diketahui

Laba-laba merupakan hewan berkaki delapan dan memiliki mata lebih dari sepasang. Hewan ini ternyata banyak ditakuti oleh manusia. Jika kamu adalah salah satu orang yang juga takut dengan hewan ini, tak perlu khawatir. Sebab hewan yang satu ini nyatanya tak beracun dan tidak pernah tertarik dengan manusia. Karena besarnya ukuran manusia bagi laba-laba, membuatnya tidak tertarik untuk menyerang kita. Hewan berkaki delapan ini sering dijumpai di dalam rumah dan juga lingkungan sekitar manusia. Laba-laba dikenal dengan ciri khasnya yang membuat jaring-jaring di sudut-sudut rumah. Jika tidak dibersihkan dengan rutin, jaring laba-laba akan semakin banyak dan mengganggu pemandangan. Uniknya, laba-laba tidak pernah terperangkap di jaring yang dibuatnya sendiri. Tak hanya itu, terdapat fakta-fakta menarik lainnya seputar hewan ini. Apa saja itu? Yuk, Simak Ulasannya di bawah ini. 1. Dapat Membuat Jaring Raksasa Laba-laba memiliki kemampuan untuk membuat jaring-jaring dengan bagian tubuhnya send

Mengenal Avertebrata Bekicot : Kkasifikasi, Ciri-Ciri, dan Habitat

Sobat pembaca tentunya sudah tak asing lagi dengan hewan avertebrata yang satu ini. Bekicot merupakan hewan lunak yang berasal dari kelompok moluska. Umumnya, hewan berlendir ini bisa ditemukan di area persawahan dan bebatuan dengan kondisi yang lembab. Hewan ini juga kerap disebut sebagai salah satu hama karena memakan berbagai tanaman budidaya. Walaupun hewan berlendir ini banyak dijumpai di area pemukiman, ternyata satwa ini bukanlah spesies asli Indonesia. Artikel ini akan membahas tentang bekicot. Untuk lebih mengetahui tentang hewan avertebrata ini, simak penjelasan berikut. Klasifikasi Bekicot Hewan dengan nama latin Achatina fulica ini disebut juga siput darat yang berasal dari Afrika Timur. Moluska ini sudah menginvasif hampir keseluruh penjuru wilayah di dunia dan menyerang lahan-lahan pertanian. Berikut ini adalah klasifikasi bekicot, yaitu : Kingdom : Animalia Filum : Mollusca Kelas : Gastropoda Ordo : Sytromatophora Famili : Achatinidae Genus : Achatina Spesies : Achatina