Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

17 Fakta Menarik Tentang Lintah

17 Fakta Menarik Tentang Lintah

 


Hitam seperti rambut, tapi perenang ulung, apabila sudah menggigit akan sulit terlepas, yak itulah si lintah.

Lintah merupakan hewan yang termasuk dalam filum Annelida. Hewan yang bernama lain pacet ini dapat hidup di beragam tempat, seperti daratan, air tawar maupun air laut.

Hewan ini tergolong karnivora ini adalah predator yang memperoleh makanan dari invertebrata seperti siput, cacing, atau larva serangga.

Nah, taukah kamu ternyata lintah memilik keunikan loh? Mau tau apa keunikannya? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari dikta, vokalis muda asal Indonesia. Yuk ikuti penjelasan di bawah ini!

Fakta Menarik Tentang Lintah

1. Memiliki lingkungan hidup yang berbeda dari pacet. Sehari-hari, spesies satu ini memilih untuk hidup di air, sementara itu pacet lebih sering dijumpai di batang pohon atau melekat pada daun. Artinya pacet memilih hidup di luar air yang cukup berbeda daripada Hirudinea kebanyakan.

2. Telah lama dimanfaatkan dalam dunia medis, termasuk di Inggris. Di Eropa, Hirudo Medicinalis sudah dikenal sejak lama untuk pengobatan secara medis. Hewan ini dimanfaatkan untuk mengeluarkan darah dari dalam tubuh atau dikenal dengan istilah plebotomi.

3. Memangsa hewan invertebrata untuk mendapatkan makanan. Hirudinea satu ini memang bersifat predator dan biasa memangsa beberapa hewan invertebrata. Beberapa hewan yang menjadi mangsanya adalah siput, larva serangga dan cacing.

4. Karakteristik tubuh lintah cukup unik, dengan alat penghisap tubuh yang terletak di kedua bagian ujungnya. Tubuhnya memiliki bentuk yang mirip dengan cacing dengan warna coklat maupun ataupun hitam yang bersegmen. Setidaknya ada sekitar 34 segmen pada tubuhnya dan 3 rahang pada bagian mulut dengan gigi kecil pada masing-masing rahang.

5. Dapat hidup walaupun di tempat yang telah terkontaminasi polutan kimia. Beberapa jenis hirudinea diketahui mampu bertahan hidup meskipun habitatnya telah tercemar konsentrat dari polutan kimia.

6. Telah ditemukan lintah berukuran terbesar, dengan panjang sekitar 16 inchi. Hingga saat ini, spesies tersebut masih paling terbesar. Padahal ukuran tubuh hirudinea rata-rata hanya berkisar antara 7 sampai 80 mm.

7. Air liur Hirudinea mengandung anestesi atau zat bius yang mampu menghilangkan rasa sakit. Inilah mengapa gigitannya tidak terasa sakit sama sekali pada tubuh manusia.

8. Setidaknya ada sekitar 650 spesies hirudinea yang telah ditemukan di dunia. Sekitar 1/5 dari spesies tersebut tinggal di dalam laut dan mendapatkan makan dari memangsa ikan.

9. Tidak semua hirudinea bersifat menghisap darah untuk mendapatkan makanan. Beberapa diantaranya memangsa invertebrata atau cacing untuk memenuhi asupan makanannya.

10. Dapat bertahan hidup hanya dengan menghisap darah dalam satu tahun. Walaupun spesies ini hanya menghisap darah sekali dalam setahun, nantinya kebutuhan makanan dipenuhi dari simpanan makanan yang ada.

11. Mampu makan 5 kali lebih banyak dari ukuran tubuh mereka. Hewan ini dapat mengkonsumsi makanan 5 kali lebih banyak daripada seharusnya dan disimpan sebagai nutrisi. Nutrisi inilah yang nantinya akan digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan di kemudian hari.

12. Menaburkan garam atau sabun dapat mengusir lintah yang menempel pada kulit. Bila Anda ditempeli hewan ini, cobalah untuk menggunakan sabun, tembakau atau garam yang ditaburkan. Tetapi ada baiknya memang langsung mengangkat tubuh spesies tersebut dari kulit Anda.

13. Seekor Hirudinea bisa memiliki 2 organ kelamin dalam satu tubuh. Inilah mengapa seekor hirudinea termasuk dalam kategori hemafrodit atau berkelamin ganda.

14. Beberapa jenis lintah mengeluarkan anak-anak mereka dalam kokon, seperti Hirudo. Kokon ini akan diletakkan di atas perut mereka dan dibawa kemanapun ia pergi. Kadang-kadang jumlah anak yang terdapat di dalam kepompong mencapai 300 ekor.

15. Untuk jenis Amazon, anak-anaknya sengaja diletakkan di dalam perut. Jumlahnya pun tak jauh berbeda dari Hirudo, yaitu mencapai 300 ekor.

16. Spesies ini memiliki 32 otak dalam satu tubuh. Tentu saja jumlahnya lebih banyak 31 daripada otak manusia.

17. Mampu bertahan hidup walaupun telah kehilangan 90% dari berat tubuh mereka.

Itulah seputaran fakta menarik tentang lintah. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]