Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengenal 10 Fakta Unik Lebah Madu

Mengenal 10 Fakta Unik Lebah Madu

Lebah madu adalah serangga yang mampu memproduksi dan menyimpan madu dalam sarang koloni mereka. Seperti yang kita ketahui madu memiliki banyak khasiat, khususnya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, madu juga dapat dijadikan sebagai campuran minuman untuk menambah kelezatan rasa. Madu juga dapat menghaluskan wajah kamu seperti yawi echo.

Perlu kamu ketahui sebuah koloni lebah madu dapat terdiri dari sekitar 20 ribu sampai 60 ribu ekor lebah madu serta lebah ratu.

Sengatan lebah madu juga dapat dijadikan sebagai terapi kesehatan. Hampir semua yang berhubungan dengan lebah dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Tak hanya itu, lebah juga memiliki beberapa fakta unik loh. Yuk ikuti penjelasan di bawah ini.

10 Fakta Unik Lebah Madu

1. Lebah madu hidup puluhan juta tahun yang lalu

Lebah madu telah hidup selama sekitar 30 juta tahun. Jenis lebah ini merupakan satu-satunya serangga di dunia yang mampu memproduksi makanan yang dikonsumsi manusia, yaitu madu.

2. Lebah madu pekerja, semuanya betina

Lebah madu memiliki rentang hidup rata-rata 6 sampai 8 minggu atau 2,5 sampai 4 bulan. Nah, yang menarik adalah semua pekerjaan dalam koloni lebah dilakukan oleh para lebah betina.

Pembagian tugas tersebut dilakukan dengan sangat teratur, seperti ada yang merawat larva lebah, membangun sarang, membersihkan sarang, melindungi sarang, mencari makanan, dan mengumpulkan nektar.

3. Lebah madu jantan tidak memiliki sengat

Pada dasarnya, lebah jantan tidak memiliki sengat dan tidak menghasilkan madu. Lebah jantan hanya bermalas- malasan dan sama sekali tidak membatu pekerjaan lebah betina. Lebah jantan hanya memiliki satu tujuan  hidup, yaitu kawin dengan lebah ratu.

Menariknya lagi, perkawinan lebah madu adalah contoh dramatis dari bunuh diri seksual. Lebah jantan akan mati setelah kawin dengan lebah ratu.

Mengapa begitu? Karena untuk bisa kawin dengan lebah ratu, maka lebah jantan harus bersaing untuk mendapatkan kesempatan tersebut, dan hal ini berlangsung di udara.

Hingga akhirnya, lebah jantan yang menang akan langsung dapat kawin dengan lebah ratu dan setelah itu mati.

4. Lebah madu mati setelah menyengat

Lebah madu dapat menyengat manusia dengan cara menyuntikkan jarum lebah ke kulit manusia dan meninggalkan cairan racun yang akan menyebabkan kulit manusia menjadi merah dan bengkak. Si lebah madu yang sudah menyengat tadi akan melarikan diri, kemudian lemas dan mati.

5. Lebah madu sangat pandai menghisap nectar

Lebah madu memiliki sepasang belalai yang menyerupai sedotan kecil untuk menghisap nektar pada bunga.

Selain itu, serangga ini juga memiliki dua sisi perut, dimana perut pertama untuk menampung nektar yang untuk dicerna dan dijadikan energi, serta sisi perut kedua yang khusus untuk menyimpan nektar untuk dijadikan madu.

Saat mengumpulkan nektar, lebah madu akan mengunjungi sekitar 50 sampai 100 bunga setiap hari.

6. Lebah madu terbang berdasarkan cuaca

Lebah madu adalah serangga yang pintar kreatif dalam mendeteksi perubahan tekanan udara. Pada saat hujan atau tekanan udara turun, maka lebah akan tetap tinggal di sarangnya.

Lebah akan tetap mengelompok dengan koloninya agar tetap dalam keadaan hangat. Mereka juga akan menggunakan madu sebagai makanan mereka selama tinggal di sarang sampai cuaca normal kembali untuk mereka mencari nektar.

7. Lebah Ratu adalah ibu semua lebah

Seekor ratu lebah dapat bertelur hingga 2500 butir telur sehari dan lebih dari satu juta telur seumur hidupnya.

Masa hidup lebah ratu berkisar antara 2 sampai 3 tahun dan selama hidupnya hanya dihabiskan untuk kawin dan bertelur. Setiap telur akan menetas menjadi larva selama 3 hari.

Larva lebah selanjutnya akan dirawat oleh lebah perawat dengan diberi susu khusus yang disebut Royal Jelly. Larva tersebut kemudian menjadi pupa dan akhirnya berkembang menjadi lebah dewasa.

8. Lebah madu memiliki tarian khusus untuk komunikasi

Salah satu keunikan lebah adalah cara berkomunikasinya. Lebah berkomunikasi dengan sesamanya melalui sebuah tarian dan kibasan untuk memberitahu adanya sumber nektar bunga, waktu terbang ke sumber nektar tersebut, dan juga kecepatan anginnya.

9. Lebah madu menghasilkan lilin dari kelenjar di bawah perut

Lebah madu menghasilkan semacam lilin yang terletak di bawah perut mereka, dimana lilin tersebut digunakan oleh lebah untuk membangun tempat madu.

Bahkan, manusia juga dapat menggunakan lilin lebah madu tersebut untuk mempersiapkan obat-obatan dan memoles meubel.

10. Lebah madu mengepakkan sayap untuk menghasilkan dengung

Lebah madu mampu mengepakkan sayap dengan kecepatan hingga 11.400 kali per menit. Kepakan sayap tersebut akan menghasilkan bunyi dengung lebah seperti yang selama ini kita kenal.

Seekor lebah madu dapat terbang dengan kecepatan 23 km/jam. Lebah madu sanggup terbang dan menjelajah sejauh 10 km hanya untuk mengumpulkan nektar dari bunga.

Itulah seputar fakta unik dari lebah madu. Terimakasih telah mengikuti blog kami. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]