Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Fakta Unik Koala, Marsupial Asal Australia

Fakta Unik Koala, Marsupial Asal Australia


Pernahakah kamu melihat hewan koala di taman hewan atau menyaksikan di acara televisi? Koala merupakan hewan endemik berkantung yang berasal dari Australia.

Hewan ini memiliki bentuk fisik seperti hidung yang besar berwarna hitam, telinga yang besar, bulu keabu-abuan dan putih, dan lengan panjang yang digunakan untuk memanjat pohon. Bobot koala sendiri dapat mencapai 12 kilogram dengan panjang tubuh mencapai 1 meter.

Tak hanya itu, koala merupakan hewan dengan pergerakan lambat guna menghemat energi, serta memiliki sidik jari yang sangat mirip dengan manusia.

Kira, kira apa saja keunikan koala yang bisa kita ketahui?? Yuk, simak fakta-fakta menarik seputar koala berikut ini.

1. Dapat Tertidur Hingga 18 Jam dalam Sehari

Menurut penelitian, koala teridur lama disebabkan karena kandungan nutrisi pada daun eucalyptus yang rendah. Oleh karena itu, hewan endemik ini butuh lebih banyak istirahat untuk menghemat energi mereka.

2. Salah Satu Jenis Hewan Berkantung

Jika diamati sekilas, koala mirip dengan beruang. Namun, kenyataannya hewan ini termasuk hewan berkantung. Walaupun secara fisik sangat mirip dengan beruang. Hal tersebut karena koala memiliki telinga yang bundar dan hidung yang besar serta hitam layaknya beruang pada umumnya.

3. Bisa Makan Daun Eucalyptus Hingga 1 Kilogram dalam Sehari

Hewan berkantung ini hidup dengan makanan utamanya adalah daun eucalyptus (daun kayu putih) dan dan bisa makan hingga sebanyak satu kilogram daun eucalyptus dalam sehari. Koala akan memakan pucuk-pucuk daun muda yang juga bermanfaat bagi sistem pencernaannya.

Dengan mengonsumsi daun eucalyptus, sistem pencernaan koala lebih sehat karena serat pada daun tersebut dapat menghilangkan racun yang ada dalam tubuhnya.

4. Koala Memiliki Sidik Jari

Sama seperti manusia, hewan koala juga ternyata memiliki sidik jari. Uniknya, sidik jari mereka sangat mirip dengan sidik jari manusia. Hewan ini juga mempunyai ibu jari yang berlawanan di setiap kaki depan untuk memanjat, berpegangan pada pohon dan mencengkeram makanan, sedangkan jari kedua dan ketiga pada kaki belakang mereka menyatu dan membentuk cakar.

5. Koala Tidak Banyak Minum Air

Hewan koala biasanya tak minum banyak air. Sesuai dengan namanya, kata koala berasal dari suku Aborigin yang berarti “tidak minum”, karena kebutuhan air mereka tercukupi hanya dari dalam makanannya, yakni daun pohon eucalyptus.

Namun, pada hari-hari musim panas, daun eucalyptus mengering dan koala mungkin perlu melengkapi makanan mereka dengan air.

6. Koala Pilih Pilih dalam Urusan Makanan

Hewan koala sangat selektif dalam urusan makanan. Meski hanya mengonsumsi daun, tapi koala hanya akan memakan daun kayu putih yang berasal dari pohon yang mereka tinggali. Dalam sehari, koala dewasa bisa makan hingga 1 kilogram daun eucalyptus dan hanya memakan daun muda yang berada di puncak pohon.

Nah, itulah fakta-fakta menarik seputar koala yang penting untuk diketahui. Terlihat lucu dan menggemaskan bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]