Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Fakta Unik Tarantula, Laba-Laba Terbesar Pemangsa Berbagai Jenis Hewan

Fakta Unik Tarantula, Laba-Laba Terbesar Pemangsa Berbagai Jenis Hewan


Bagi kebanyakan orang, laba-laba merupakan jenis hewan yang menakutkan. Umumnya, jenis laba-laba yang ditakuti adalah yang berbisa, terutama yang bisa membunuh manusia.

Namun ternyata, ada jenis laba-laba lain yang membuat orang merasa ngeri. Apa itu? Apa lagi kalau bukan tarantula.

Tarantaula merupakan nama yang diberikan untuk salah satu spesies laba-laba berukuran besar yang umumnya berambut. Laba-laba jenis ini tergolong ke dalam famili heraphosidae dan terdapat sekitar 800 spesies yang telah teridentifikasi.

Tubuh yang besar dipenuhi dengan bulu memang membuat tarantula terlihat mengerikan. Namun, apakah mereka begitu berbahaya? 

Berikut ini penjelasan beberapa fakta menarik seputar tarantula yang jarang diketahui oleh orang. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Beracun, Namun Seharusnya Kita Lebih Takut Pada Rambutnya

Pada umumnya, salah satu ketakutan terbesar orang ketika melihat tarantula ialah takut digigit. Karena ukurannya begitu besar, gigitan hewan avertebrata yang satu ini memang bisa menyakitkan. Namun, tak perlu khawatir, gigitan tarantula tidak lebih berbahaya daripada sengatan lebah madu.

Ketika menggigit, tarantula hanya akan menyuntikkan sedikit racun, bahkan terkadang tidak menyuntikkan sama sekali. Avertebrata yang satu ini juga ternyata bukan hewan agresif dan hanya akan menyerang jika diganggu.

Justru hal yang seharusnya kita waspadai ialah rambut-rambut halus pada tubuh tarantula. Ketika merasa terusik, tarantula akan mempertahankan dirinya dengan cara merontokkan bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya. apabila bulu tersebut terkena mata atau membran mukosa lainnya, bisa menyebabkan iritasi bahkan kebutaan.

2. Memangsa Berbagai Jenis Hewan

Dengan tubuhnya yang besar, tarantula merupakan hewan pemakan segala. Tarantula goliat pemakan burung (Theraphosa blondi) adalah spesies tarantula terbesar sekaligus laba-laba terbesar di dunia.

Sesuai namanya, laba-laba ini bahkan sanggup memangsa burung. Akan tetapi, mereka lebih sering memangsa serangga dan hewan-hewan lain, seperti kadal,tikus, kodok, bahkan ular.

3. Membuat Jaring Bukan Untuk Menangkap Mangsa

Sama seperti laba-laba pada umumnya, tarantula juga membuat jaring. Namun, tujuannya bukan untuk menjerat mangsa. Kebanyakan tarantula membuat lubang di tanah tempat mereka bersembunyi menunggu mangsa. Untuk menguatkan struktur lubang yang dibuat, tarantula menggunakan jaringnya.

Beberapa tarantula juga membuat jaring untuk mempermudah mereka memanjat. Jaring tersebut membuat pergerakannya menjadi lebih cepat, khususnya ketika mengejar mangsa. Spesies laba-laba raksasa ini juga membuat jaring untuk tempat kawin dan juga alas ketika berganti rangka luar.

4. Memperbarui Organ Dalamnya Secara Berkala

Sama seperti serangga, hewan ini memiliki rangka luar. Hanya saja tarantula secara berkala mengganti rangka luarnya. Uniknya lagi, dalam proses tersebut mereka juga memperbarui organ-organ dalamnya.

National Geographic menyebut organ yang diperbarui adalah lapisan perut dan kelamin betina. Mereka bahkan juga bisa menumbuhkan organ luar yang hilang seperti kaki dan pedipalps alias alat sensor yang terletak di bagian depan tubuhnya.

5. Bisa Mati Jika Terjatuh

Meski terlihat mengerikan, tarantula sebenarnya merupakan jenis laba-laba yang rapuh. Rangka luar hewan ini mudah hancur jika mereka terjatuh, bahkan dari tempat yang tidak terlalu tinggi sekalipun. Apabila abdomennya rusak, tarantula umumnya akan mati.

Itulah lima fakta unik seputar tarantula, laba-laba raksasa yang keberadaannya ternyata tak membahayakan manusia. Gimana, apakah kamu masih takut jika bertemu hewan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]