Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

10 Fakta Menarik Lalat yang Jarang Diketahui

10 Fakta Menarik Lalat yang Jarang Diketahui


Siapa sih yang tidak kenal dengan serangga yang satu ini? Ya, lalat memang sering kita temui hinggap di makanan dan mengganggu kehidupan manusia.

Lalat adalah salah satu jenis serangga yang berasal dari ordo Diptera. Dalam bahasa Yunani di berarti dua dan ptera adalah sayap. Dibandingkan dengan serangga jenis lain, hewan avertebrata ini memiliki ciri khas tersendiri yakni sayap terbang yang berasal dari sayap belakang.

Tempat hidup lalat identik dengan hal-hal yang kotor dan membusuk, menjadikan jenis lalat rumah sebagai hama yang kotor karena membawa lebih dari 100 patogen berbahaya seperti tuberkulosis, disentri amuba dan salmonella yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Jika kamu berfikir bahwa keberadaan serangga yang satu ini seakan tak ada habisnya, hal itu wajar karena lalat punya laju reproduksi yang luar biasa. Lalat rumah hanya butuh waktu 6 hari untuk berubah dari telur menjadi dewasa.

Agar tak penasaran, simak lima fakta menarik seputar lalat berikut ini yuk!

1. Berkembang Biak dengan Cepat

Lalat rumah memiliki kualitas reproduksi yang efisien yang dapat menghasilkan lebih dari 2.000 telur hanya dalam beberapa batch dan menetas hanya dalam waktu 8 hingga 20 jam. Selain itu, serangga ini juga hanya membutuhkan waktu 7 hingga 10 hari untuk berkembang dari telur hingga lalat dewasa.

2. Kemampuan Terbang yang Hebat

Lalat memiliki kemampuan terbang yang luar biasa bahkan melebihi nyamuk. Menepuk nyamuk yang sedang terbang mungkin masih cukup mudah, tapi tidak untuk lalat. Hal itu dikarenakan lalat memiliki dua sayap yang berfungsi sebagai penstabil dan membuat mereka mampu melakukan manuver aerobatik luar biasa ketika sedang terbang.

Lalat bisa berputar di udara seperti pesawat jet dan bisa berganti arah 50 kali lebih cepat daripada kedipan mata manusia. Fakta tersebut menunjukkan bahwa meskipun ukuran lalat begitu kecil, tapi otaknya mampu melakukan perhitungan yang luar biasa.

Kemampuan tersebut sekaligus menjadi keistimewaan lalat dibandingkan dengan serangga lainnya seperti belalang, kupu-kupu yang memiliki kemampuan bergerak lebih lambat 

3. Tidak Punya Gigi

Tahukah kamu bahwa ternyata lalat rumah tidak memiliki gigi, melainkan sebuah lidah panjang yang disebut dengan belalai. Lidahnya tersebut dugunakan untuk menghisap sumber makanan layaknya sedotan.

Karena lalat hanya bisa mencerna makanan dalam bentuk cairan, mereka dapat mengubah makanan padat menjadi cair dengan cara meludah ataupun muntah di atasnya. Untuk itu, pastikan agar kamu selalu menyimpan makanan di tempat yang tertutup dan bebas dari jangkauan lalat.

4. Merasakan Makanan dengan Kaki

Tak banyak yang mengetahui bahwa serangga ini mempunyai kemampuan luar biasa yang tak dimiliki oleh jenis serangga lainnya. Lalat bsia merasakan makanannya dengan menggunakan kakinya. Dilansir dari Science Daily, hal itu dikarenakan sensor pengecap lalat tidak berada di mulut, melainkan di kakinya.

5. Bermata Rabun

Sama seperti mahkluk hidup pada umumnya, lalat memiliki dua mata dan masing-masing mata memiliki setidaknya 4.000 lensa yang memampukannya untuk melihat ke segala arah. Namun, meskipun memiliki begitu banyak lensa, hewan avertebrata ini tak dapat melihat dengan baik karena rabun.

Selain itu, serangga yang suka hinggap di makanan ini juga sangat sulit untuk membedakan warna. Namun di sisi lain, lalat meliki kelebihan yakni sangat agresif pada gerakan. Hal itulah yang membuat kita sangat sulit untuk memukul dan menangkap lalat.

Demikian informasi mengenai fakta menarik seputar lalat. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]