Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengulik Fakta Menarik Anemon Laut, Hewan Imut Berbahaya

Mengulik Fakta Menarik Anemon Laut, Hewan Imut Berbahaya

 

Anemon laut merupakan mahkluk atau hewan avertebrata unik yang sering disebut sebagai mawar laut. Hewan ini berasal dari kelas Anthozoa dalam filum Cnidaria yang hidup di terumbu karang pada peraian dangkal.

Terkadang, banyak orang yang salah mengira hewan ini adalah tumbuhan. Namun, anemon laut memiliki DNA yang mirip hewan vertebrata dan tidak memiliki dinding sel. Jika di kulik secara morfologis, hewan ini diketahui memiliki puluhan hingga ratusan tentakel di tubuhnya, termasuk bagian mulut dan anus.

Fungsi dari tentakel tersebut untuk menangkap mangsa berupa ikan kecil dan udang dengan cara melumpuhkannya dahulu sebelum akhirnya mencernanya.

Berikut ini kami akan menyajikan beberapa fakta menarik seputar hewan avertebrata anemon laut. Simak ulasan di bawah ini ya!

Fakta Menarik Anemon Laut

1. Anemon memiliki sengatan beracun


Beberapa spesies anemon memiliki sengatan yang cukup menyakitkan bagi manusia. Sengatan ini sangat berfungsi ketika mereka mencari mangsa. Setiap ikan kecil dan sasaran berada di dekatnya, anemon akan menyemprotkan racun seperti tombak dan membuat mangsa tak berkutik.

Setelah itu tentakelnya pun muncul dan menarik perlahan ke mulut yang biasanya ada di bagian tengah tubuh anemon.

2. Anemon bisa melahap ubur-ubur


Walaupun terlihat seperti hiasan cantik di dasar laut namun anemon pun dapat menyergap mangsa dan mencari santapannya sendiri lho. Anemon menjadikan plankton sebagai makanan favoritnya, namun semakin besar ukuran anemon maka semakin besar pula santapan mereka.

Seekor kepiting, ikan atau ubur-ubur bisa menjadi sasaran empuk yang didapatkan anemon dengan cara menyergap mereka dalam tentakel-tentakel kecilnya.

3. Anemon bisa bergerak lambat dan cepat


Menempelnya anemon pada karang atau dasar laut tidak bersifat permanen. Bagaimana pun juga anemon tetap hewan yang bisa bergerak dan mempertahankan hidupnya dari jangkauan predator.

Ketika posisinya terancam anemon akan berjalan perlahan dengan tentakel sebagai kakinya. Namun, tidak sedikit anemon yang juga bisa bergerak dengan cepat melepaskan diri mencari tempat singgah yang lebih aman.

4. Anemon berumur panjang


Kebanyakan anemon hidup di dasar laut dan menempel pada karang. Mereka bisa bertahan hidup sangat lama apalagi jika tidak terganggu tangan nakal manusia. Beberapa jenis anemon seperti Snakelocks anemone dapat hidup selama 10 tahun.

Anemon juga dapat mengkloning diri mereka sendiri, tidak menua, dan terbebas dari predator berkat racun yang dimilikinya.

5. Berteman dengan ikan badut


Seperti yang sudah diketahui anemon laut ini memang punya hubungan tersendiri dengan ikan, khususnya ikan badut. Keduanya memang menjalin hubungan simbiosis di mana ikan badut mendapat tempat untuk berlindung dan anemon mendapat sisa makanan dari tubuh ikan badut.

Ikan badut dapat terlindungi dari racun atau sengatan anemon berkat lapisan lendir yang menutupi bagian tubuhnya.

Nah, demikianlah informasi seputar fakta menarik anemon laut. Semoga tulisan di atas bisa menambah wawasanmu terhdap hewan avertebrata yang satu ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]