Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Fakta Menarik Nematoda, Parasit Tanaman

Fakta Menarik Nematoda, Parasit Tanaman

Nematoda merupakan kelompok cacing yang kecil dan bulat diperkirakan jumlah spesiesnya dapat mencapai 1.000.000 spesies. filum ini beranggotakan banyak spesies cacing yang hidup sebagai parasit pada tumbuhan, hewan juga manusia .

Dibawah ini akan dibahas tentang nematoda, cacing parasite menyerang tanaman.

Definisi Nematoda

Nematoda banyak hidup bebas di alam dan mempunyai daerah penyebaran yang luas, yaitu : daerah kutub, paadang pasir dan laut. Nematoda juga memakan sampah orgnik, bangkai, kotoran hewan jamur, dan hewan kecil lainnya.

Morfologi Nematoda

Nematoda berukuran sangat kecil yaitu antara 300    1000 mikron, panjangnya sampai 4 mm dan lebar 15    35 mikron. Karena ukurannya yang sangat kecil ini menyebabkan nematoda ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang,  akan tetapi hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Nematoda jantan dewasa berbentuk memanjang bergerak lambat di dalam tanah, panjangnya bervariasi dan maksimum 2 mm, kepalanya berlekuk dan panjang stiletnya hampir 2 kali panjang stilet betina.

Ciri-Ciri Nematoda

Ciri utama nematoda adalah bentuk tubuhnya yang gilik(bulat memanjang) dan tidak bersegmen. Anggota filum nematoda memiliki tiga lapisan embrionik (triploblastik). Tubuhnya berbentuk simetris bilateral, sehingga merupakan kelompok bilateral.

Sistem Reproduksi

Sfilum Nematoda sebagian besar Individu jantan dan betina memiliki bentuk yang berbeda,  individu jantan dan individu betina (disebut gonokoris). biasanya cacing gilik jantan berukuran lebih kecil dari yang betina. Kemudian ekor dari individu jantan berbentuk seperti kait, sedangkan yang betina lurus.

Reproduksi biasanya terjadi secara seksual,akan tetapi ada juga spesies hermaprodit yang membuahi sendiri. Pada cacing gilik yang hidup bebas, telur menetas menjadi larva yang memiliki penampakan yang sama dengan individu dewasa. Tapi pada cacing gilik parasit, siklus hidupnya melibatkan pertukaran inang satu dengan yang lain.

Individu dewasa pada beberapa spesies terdiri dari sel-sel yang jumlahnya tetap. Jumlah sel ini sama antara satu individu dengan individu lain pada spesies yang sama. Fenomena ini disebut dengan eutely. Oleh karena itu, Nematoda merupakan subjek penelitian yang penting bagi studi genetik.

Cara Nematoda Menyerang Tanaman

Sejak berbentuk telur, nematoda sudah berada diare akar tanaman, kemudian menetas menjadi larva dan tumbuh berkembang menjadi nematoda dewasa. Keberadaan nematoda disekitar area akar ditambah populasinya yang tidak sedikit menyebabkan mereka dengan mudah menyerang akar.

Cara menyerang nematoda yaitu dengan menusuk dinding sel akar dan batang, setiap saat dan terus menerus bergerak dan menetap di area perakaran tanaman.

Nematoda yang berasosiasi dengan tanaman kopi yang bersifat parasitik, saprofitik maupun yang berfungsi sebagai predator sesama jenis nematoda.

Keberadaan cacing nematoda pada tanaman kopi biasanya tidak disadari oelh petani karena ukurannya yang sanga kecil dan serangannya juga perlahan-lahan. Para petani mengira bahwa serangan tersebut diakibatkan oleh penyakit jamur akar atau mengira tanamannya sudah tua.

Gejala Serangan Hama Cacing Nematoda

Gejala pada daun, biasanya dimulai dengan daun berwarna menguning, kusam atau warna tidak segar Lebih lanjut daun menjadi gugur. tanaman yang terserang nematoda biasanya terjadi secara berkelompok, atau biasanya ada titik awal serangan di hamparan pertanaman kopi.

Sedangkan gejala pada akar ditandai dengan perakaran serabut berkurang, pohon tanaman kopi mudah digoyang dan dicabut bila kerusakan perakaran kopi sangat berat.

Cara Penanggulangan

  •  Menanam Varietas Resisten
  •  Melakukan Rotasi Tanaman
  • Aplikasi Bahan Organik
  • Punggunaan Pestisida Organik
  • Pengendalian Kultur Teknis

Nah, itulah pembahasan tentang filum nematoda yang sangat menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]