Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengenal Hewan Avertebrata Jenis Filum Artrhopoda

Mengenal Hewan Avertebrata Jenis Filum Artrhopoda

 

Arthropoda merupakan salah satu filum hewan terbesar dibanding lainnya. Arthropoda ini adalah hewan yang kerap ditemui di dalam kehidupan sehari-hari. Dari tampilannya, kita dapat melihat system organ tubuh hewan avertebrat arthropoda yang meliputi system peredaran, pencernaan, saraf, pernapasan, ekskresi, reproduksi, dan alat indera yang peka terhadapa sentuhan panas dan bau –bauan.

Ciri – Ciri Hewan Avertebrata Jenis Filum Artrhopoda Adalah:

  •   Memiliki tubuh dan kaki yang berbuku-buku, bersegmen atau beruas-ruas.
  • Tubuhnya simetri bilateral.
  •   Merupakan hewan triploblastik selomata, yaitu memiliki tiga lapisan tubuh dan rongga tubuh yang sejati.
  • Merupakan hewan eksoskeleton yang terbuat dari senyawa protein dan kitin untuk melindungi dan membentuk kerangka tubuhnya.
  •  Struktur tubuh terdiri dari kepala (caput), dada (toraks) dan perut (abdomen).
  •  Sudah memiliki sistem tubuh seperti saraf, pencernaan, ekskresi, peredaran darah, dan indera.
  •  Alat respirasi bervariasi tergantung kelasnya, ada yang menggunakan trakea, insang, permukaan tubuh, atau paru-paru.
  •  Hewan berumah dua, yaitu alat kelamin terpisah antara jantan dan betina pada suatu individunya.
  •  Reproduksi dilakukan secara seksual dan aseksual.

Filum Arthropoda Masih Dikelompokkan Lagi Menjadi Empat Kelas, yaitu: 

1. Arachnoidea

Kelas pertama dari filum Arthropoda adalah Arachnoidea atau biasa juga disebut dengan Arachida, berasal dari bahasa Yunani yang artinya laba – laba, anggota kelas ini adalah laba-laba, kalajengking, dan tungau. Mereka memiliki tubuh yang terdiri atas sefalotoraks (kepala yang menyatu dengan dada) dan perut (abdomen). 

Selain itu, mereka juga memiliki 4 pasang kaki yang terdapat pada bagian sefalotoraks dan dua pasang mulut. Jadi, bisa disimpulkan kalau salah satu anggota filum Arthropoda yang memiliki 4 pasang kaki adalah Arachnoidea. Contoh hewan Arachnoidea adalah: laba-laba.

2. Crustacea

Jenis Crustacea yaitu bagian sefalotoraks dilindungi oleh kulit keras yang disebut karapas, mereka punya lima pasang kaki dengan satu pasang kaki capit dan empat pasang kaki jalan. Contoh hewan Crustacea adalah: udang, lobster, dan kepiting

3. Myriapoda

Jenis Myiapoda yaitu di setiap ruas badannya terdapat kaki yang berpasangan. Itulah mengapa anggota kelas ini memiliki kaki yang banyak. Contoh hewan Myriapoda adalah: kaki seribu dan kelabang.

4. Insecta

Insekta atau serangga merupakan kelas terakhir dari filum Arthropoda yang akan di bahas tentang jenis ini adalah  tubuhnya terdiri atas ktipe lepidoptera (penghisap), tipe hemipteran (penusuk dan pengisap), dan tipe orthopteran (penggigit). 

Selain itu, mereka juga termasuk hewan yang mengalami metamorfosis, yaitu perubahan bentuk dari telur hingga menjadi dewasa. Contoh hewan Insecta adalah: kupu-kupu, belalang, dan jangkrik. 

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai hewan avertebrata jenis filum artrhopoda, semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]