Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengenal Fakta Menarik Kaki Seribu

Mengenal Fakta Menarik Kaki Seribu

Kaki seribu adalah hewan yang sering di jumpai disekita rumah. Hewan ini biasanya aktif pada malam hari dan ditemukan didaerah dengan kelembaban udara yang tinggi. 

Kali ini akan membahas tentang kaki seribu. Yuk, simak pembahasan artikelnya berikut ini.

Taksonomi

Berikut ini adalah taksonomi kaki seribu, yaitu:

  • Kingdom             Animalia
  • Filum                    Arthropoda
  • Kelas                    Diplopoda
  • Ordo                     Polydesmida
  • Famili                   Eurymerodesmidae
  • Genus                   Eurymerodesmus

Ciri-Ciri Kaki Seribu

  • Pada hampir setiap segmen tubuh dari kaki seribu dewasa terdapat dua pasang kaki.
  • Kaki seribu memiliki tubuh yang terbagi atas dua bagian, kepala di sebelah depan dan bagian tubuh yang panjang dibelakangnya.
  • Tubuhnya terdiri dari segmen-segmen tubuh berbentuk cincin.
  • Memiliki tubuh kecil seperti jari manusia
  • Berwarna merah dibagian punggungnya, dibagian kakinya berwarna hitam
  • Memiliki kaki yang banyak.

Habitat

Hewan kaki seribu ini berada di tempat yang lembap dan gelap di dalam tanah. Mereka bisa ditemukan di beberapa tempat lain, misal di bawah rumah hewan, bebatuan, kebun, kayu mati, dan tumpukan daun mati.

Habitat lainnya adalah hutan jenis konifera, ekosistem pegunungan, taiga, padang rumput, gurun dan gua. Ada juga beberapa jenis spesies yang bisa bertahan dalam banjir air tawar dan hidup terendam air sampai 11 bulan lamanya. Kaki seribu bisa hidup di wilayah tropis maupun subtropics.

Berbeda dengan Kelabang

Kaki seribu dan kelabang (centipede) sering disangka sebagai hewan yang sama, karena sama-sama memiliki kaki yang banyak. Akan tetapi kelabang lebih cepat bergerak karena setiap segmennya terdiri dari satu pasang kaki. Sedangkan kaki seribu memiliki dua pasang kaki per segmennya. Kelabang bentuknya sedikit mendatar dengan kaki yang lebih panjang, sehingga lebih mudah bergerak.

Makanan Kaki Seribu

Kaki seribu termasuk hewan pengurai, memakan sisa tumbuhan yang membusuk. Ada juga spesies memakan akar, batang dan daun tanaman hidup. Ada juga beberapa spesies yang tergolong karnivora. Mereka menelan bahan makanan yang ditemui, mengekstrak nutrisinya, lalu mengeluarkan kembali sisa-sisa yang tidak bisa dicerna.

Siklus Hidup

Kaki seribu menghasilkan 20 hingga 300 butir telur dan meletakan telur-telurnya di tanah. Telur-telur tersebut akan menetas dalam beberapa minggu. Kaki seribu yang baru lahir, hanya memiliki tiga pasang kaki dan 4 segmen yang kosong. Seiring bertambahnya usia kaki seribu.

Jumlah segmen dan juga kaki akan terus bertambah bersamaan dengan proses molting (ganti kulit) sampai mereka mencapai kematangan seksual (biasanya dalam dua hingga lima tahun tergantung pada spesiesnya).  Kaki seribu kadang bermigrasi dalam jumlah besar, terutama setelah hujan lebat di akhir musim kemarau atau saat cuaca dingin.

Demikianlah informasi  fakta menarik kaki seribu yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]