Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengenal Lipan, Hewan Beracun Memiliki Kaki Banyak

Mengenal Lipan, Hewan Beracun Memiliki Kaki Banyak

Lipan merupakan hewan karnivora yang mampu menyengat dan mengeluarkan racun dari mulut untuk melumpuhkan mangsanya. Lipan merupakan anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Arthropoda, subfilum Myriapoda dan terdiri dari berbagai jenis lipan.

Kali ini akan membahas tentang lipan, hewan beracun memiliki kaki banyak. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Morfologi

Lipan merupakan kelas Chilopoda memiliki sepasang kaki di setiap segmen tubuhnya. Semua spesies memiliki tubuh yang rata dengan kepala yang memiliki sepasang antena panjang.

Hewan ini juga memiliki rahang yang mengandung kelenjar racun yang terletak di segmen tubuh pertama tepat di belakang kepala

Struktur Tubuh

Tubuh lipan hanya terdiri atas kepala dan badan. Tidak ada bagian dada. Pada kepala terdapat sepasang mata tunggal, sepasang alat peraba besar, dan sepasang alat peraba kecil yang beruas-ruas. Setiap ruas badan belakang terdapat kaki berpasangan.

Ciri-Ciri Lipan

  • Memiliki sepasang kaki di setiap segmen tubuhnya.
  •  Semua spesies memiliki tubuh yang rata dengan kepala yang memiliki sepasang antena panjang.
  • Memiliki rahang yang mengandung kelenjar racun yang terletak di segmen tubuh pertama tepat di belakang kepala

Persebaran

Lipan biasanya ditemukan dibagian bawah daun-daun mati dan batu, gua, hutan dan bahkan bagian dalam rumah saat mendengarkan lagu chord pergilah kasih. Hewan ini sering juga di daerah iklim dari dunia seperti padang pasir, pegunungan, hutan dan hutan.

Pada siang hari mereka pergi untuk mencari perlindungan di lahan basah dan gelap, tetapi jika cuaca terlalu basah atau terlalu kering, mereka mencari tempat lain, datang untuk berlindung di dalam rumah. Kelabang rumah merupakan hewan yang aktif di malam hari (nokturnal), dan mereka termasuk hewan predator.

Hewan Beracun

Gigitan lipan bisa sangat beracun bagi manusia. Semakin besar lipan, semakin sakit gigitannya. Semua lipan menggunakan racun untuk membunuh mangsanya. Gigitan lipan jarang menyebabkan komplikasi kesehatan pada manusia, dan biasanya tidak berbahaya atau fatal.

Cara mengobati gigitan kelabang  perlu diketahui sebagai bentuk antisipasi terhadap serangan hewan tersebut adalah

  • Memberikan kompres dingin dengan es yang dibungkus kain pada area gigitan selama 10 menit  untuk mengurangi bengkak dan nyeri.
  • Mengonsumsi obat antihistamin dan antinyeri untuk mengurangi nyeri, gatal, dan pembengkakan.
  • Merendam area gigitan di dalam air hangat secepat mungkin untuk mengeluarkan racun lipan.

Makanan

Hewan ini tergolong hewan pemangsa (predator), makanannya adalah cacing dan serangga. Bentuk tubuhnya pipih, jumlah segmen bisa mencapai 177, setiap segmen mempunyai sepasang kaki, kecuali pada satu segmen di belakang kepala dan dua segmen terakhir.

Demikian informasi mengenai lipan, hewan berbisa yang harus diwaspadai dan menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]