Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Yuk, Kenali Kerang, Jenis-Jenis dan Ciri-Cirinya

Yuk, Kenali Kerang, Jenis-Jenis dan Ciri-Cirinya

Kerang adalah hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak (moluska) dengan cangkang yang keras sebagai pelindung tubuhnya. Jenis Avertebrata ini adalah salah satu jenis makanan yang sangat digemari.

Ada banyak jenis kerang yang bisa kita temukan, akan tetapi hanya ada beberapa jenis kerang yang bisa di konsumsi. Yuk, simak apa saja itu.

Jenis-Jenis Kerang

1. Kerang Kijing

Kerang kijing atau disebut juga kerang remis dan kerang haremis. Kerang ini mirip dengan kerang hijau. Kerang kijing bisa ditemukan di air tawar dan diolah menjadi berbagai masakan lezat saus padang.

2. Kerang Hijau

Kerang hijau mempunyai warna kulit cangkang kehijauan. Cangkangnya berbentuk panjang dan melebar. Kerang hijau biasanya diolah dengan bumbu saus padang.

3. Kerang Darah

Kerang ini banyak terdapat di kawasan Asia lebih tepatnya Asia Timur dan Tenggara. Kerang darah akan berwarna merah jika dibuka cangkangnya. Di masak dengan saus tiram, saus padang, saus tomat atau cukup direbus kerang darah sangat enak.

4. Kerang Tahu

Kerang tahu memiliki kulit keras dan licin. Ada guratan-guratan hitam keabu-abuan di kulit kerang. Daging kerang lembut dan berwarna putih seperti tahu. Kerang tahu biasanya dimasak menjadi aneka macam masakan khas China.

5. Kerang Bambu

Kerang bambu mempunyai cangkang seperti ruas bambu. Umumnya, kerang bambu sebesar jari orang dewasa. Daging kerang memanjang memenuhi cangkang. Ada beragam masakan lezat yang bisa dibuat dengan bahan utama kerang bambu.

6. Kerang Simping

Kerang ini mempunyai cangkang yang tipis berwarna putih. Tekstur dagingnya yang sangat lembut dan empuk. Biasanya, kerang simping dimasak dengan dibumbui saus tiram.

7. Kerang Macan

Kerang ini memiliki cangkang kerang seperti kulit macan tutul. Kerang macan bisa dimasak dengan cara direbus atau disajikan dengan berbagai saus.

8. Kerang Nenek

Kerang jenis ini mempunyai bentuk yang unik seperti siput dengan cangkang runcing memanjang. Biasanya kerang nenek di potong bagian runcing di belakangnya untuk mengeluarkan kotoran dan diolah menjadi berbagai masakan.

9. Kerang Tiram

Kerang tiram mempunyai kulit cangkang pipih dan berkapur. Kerang ini disebut juga dengan oyster dan memiliki tekstur daging yang lembut.

10. Kerang Kampak

Kerang kampak atau scallop. Kerang ini mirip dengan kerang simping dengan cangkang yang lebih tebal dan keras. Kerang kampak bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Ciri-Ciri Kerang

  • Pada kebanyakan kerang terdapat dua otot adduktor yang mengatur buka-tutupnya cangkang.
  • Organ yang dimiliki adalah ginjal, jantung, mulut, dan anus
  • Memiliki sepasang cangkang (disebut juga cangkok atau katup) yang biasanya simetri cermin yang terhubung dengan suatu ligamen (jaringan ikat).
  • Kerang tidak memiliki kepala (juga otak) dan hanya simping yang memiliki mata
  • Sistem sirkulasinya terbuka, berarti tidak memiliki pembuluh darah.
  • Pasokan oksigen berasal dari darah yang sangat cair yang kaya nutrisi dan oksigen yang menyelubungi organ-organnya.
  • Kerang memiliki gonad, kelenjar genital yang memproduksi sperma atau sel telur tergantung pada jenis kelamin kerang.

Demikianlah informasi seputar kerang. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]