Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Obelia|Ciri-Ciri, Habitat dan Daur Hidup

Obelia|Ciri-Ciri, Habitat dan Daur Hidup

Obelia merupakan genus di kelas Hydrozoa, yang terdiri dari spesies hewan yang terutama hidup di laut dan beberapa di air tawar dan memiliki baik tahapan polip dan medusa dalam siklus hidupnya.

Genus ini berada dalam filum Cnidaria, yang semuanya akuatik dan terutama hidup di laut yang strukturnya relatif sederhana.

kali ini akan membahas obelia, ciri-ciri, habitat dan daur  hidup. Simak ulasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Obelia

  • Bentuknya mirip batang bercabang
  • Merupakan koloni polip (polip vegetatif dan polip reproduktif)
  • Hidup di laut dan mengalami fase medusa
  • Polip reproduktif membentuk tunas medusa
  • Tunas medusa lepas dan tumbuh menjadi medusa dewasa mampu membentuk sperma dan ovum
  • Obelia mengalami metagenesis (pergantian keturunan) antara bentuk polip dan medusa.
  • Mempunyai tentakel
  • Tidak bisa hidup sendiri atau hidup secara berkoloni
  • Hidup melekat atau sesil di suatu substrat di dasar laut atau perairan dangkal.
  • Melalui metagenesis dari fase seksual dan fase aseksual
  • Dibagian tengah tubuhnya ada rongga besar
  • Bentuk tubuhnya simetri radial

Habitat Obelia

Obelia memiliki distribusi di seluruh dunia kecuali laut high-arctic dan Antartika. Tahap medusa spesies Obelia umum dalam plankton di pesisir dan lepas pantai di seluruh dunia. Obelia biasanya ditemukan tidak lebih dari 200 meter (660 kaki) dari permukaan air, tumbuh di kolam batu intertidal dan pada air rendah ekstrim.

Obelia adalah genus di kelas Hydrozoa, yang terdiri dari spesies terutama laut dan beberapa hewan air tawar dan memiliki kedua polip dan medusa tahapan dalam siklus hidup mereka. Genus milik filum Cnidaria, yang semua organisme air dan terutama laut yang relatif sederhana dalam struktur.

Tahapan Daur Hidup Obelia

Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Dua Jenis Polip

Daur hidup Obelia diawali dari dua jenis polip, yakni polip reproduktif dan polip nutrisi. Polip nutrisi disini berperan dalam mendapatkan nutrisi yang nantinya digunakan untuk energi dalam perkembangan selanjutnya.

Polip reproduktid akan melakukan reproduksi secara vegetatif melaui tunas, sebab polip reproduktif mempunyai tentakel.

2. Tunas Medusa

Hasil dari proses reproduksi vegetatif polip adalah tunas medusa. Kemudian tunas medusa akan dilepaskan ke perairan bebas oleh polip dan tunas medusa akan tumbuh menjadi medusa dewasa yang terdiri dari jantan dan betina.

3.  Pembuahan

Selanjutnya reproduksi akan terjadi secara generatif yakni medusa jantan akan mengeluarkan sel sperma dan medusa betina akan mengeluarkan sel telur.

Akan terjadi pembuahan secara eksternal atau berada di luar tubuh Obelia. Untuk sel telur yang sudah dibuahi akan berubah menjadi zigot. Medusa yang sudah mengeluarkan sel gamet akan segera mati.

4. Terbentuk Planula

Daur hidup obelia akan berlanjut dari zigot yang terus berkembang menjadi blastula dan mempunyai lapisan tunggal. Maka butuh beberapa waktu supaya lapisan pada blastula akan berkembang dan berkumpul membentuk gastrula.

Demikianlah informasi mengenai obelia, ciri-ciri, habitat dan daur hidup. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]