Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Teripang, Hewan Laut yang Memiliki Banyak Manfaat

Teripang, Hewan Laut yang Memiliki Banyak Manfaat

Teripang adalah hewan tak bertulang belakang yang hidup di dasar laut. Timun laut atau teripang bisa dimakan dalam kondisi segar maupun dikeringkan untuk kemudian digunakan dalam berbagai masakan tradisional Asia.

Bentuk dan tesktur teripang yang kenyal dirasa aneh bagi sebagian warga Indonesia. Padahal banyak ditemukan di perairan dangkal Asia Pasifik terutama Indonesia.

Kali ini akan membahas teripang, hewan laut yang memiliki banyak manfaat.

Kandungan yang Terdapat Pada Tripang

  • Cairan coelomic, senyawa kimia yang fungsinya serupa sel darah putih manusia.
  • Chondroitin sulphate, yakni senyawa yang ada dalam tulang rawan manusia.
  • Squalene, senyawa yang digunakan dalam memproduksi steroid.
  • Asam palmitat, asam stearat dan asam linoleat, adalah jenis-jenis asam lemak yang merupakan antioksidan.

Manfaat Tripang

1. Mencegah Kanker

teripang bermanfaat untuk mencegah kanker, karena mengandung triterpenoid, termasuk senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Teripang juga mengandung zat sitotoksin, yang terbukti dapat melawan sel kanker. Sebuah penelitian menemukan, Ds-echinoside, sejenis triterpen yang berasal dari hewan laut ini, bisa mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hati manusia.

Zat sitotoksik yang dikandung, memiliki efek perlawanan pada lima jenis sel kanker, yakni kanker payudara, prostat, dan sel kanker kulit.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat teripang sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan asam amino di dalam teripang, seperti glisin dan asam glutamat. Keduanya diketahui dapat menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat teripang untuk memperbaiki kondisi gangguan metabolisme yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.pemberian teripang menyebabkan penurunan signifikan pada kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL.

mengurangi risiko terjadinya atherosclerosis atau pengerasan pembuluh darah jantung maupun penyakit jantung.

4. Menguatkan Tulang

Teripang juga bermanfaat dalam menjaga kekuatan tulang. Hal ini didukung dengan tingginya kandungan kalsium. Serta kolagen dalam teripang ikut membantu mempertahankan kadar kalsium yang tinggi dalam tulang sehingga meningkatkan kepadatan mineral tulang.

5. Mencegah Serangan Asma

manfaat teripang bagi kesehatan selanjutnya mampu mengatasi serangan asma. konsumsi ekstrak teripang bisa mencegah atau mengurangi frekuensi serangan asma.

6. Sebagai Antimikroba

Rangkaian uji laboratorium memperlihatkan bahwa ekstrak teripang mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.coli, S.aureus, dan S. typhi.

Menunjukkan potensi ekstrak teripang untuk membantu dalam melawan sepsis atau infeksi bakteri yang menyebar ke seluruh organ tubuh melalui aliran darah.

7. Menjaga Kesehatan Hati

Penelitian membuktikan bahwa tikus dengan tekanan darah tinggi yang diberi makan ekstrak teripang putih menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan, dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan ekstrak.

Tikus dengan penyakit hepatorenal yang diberikan satu dosis ekstrak teripang hitam juga menunjukkan penurunan stres oksidatif dan kerusakan hati, serta peningkatan fungsi hati dan ginjal.

Demikianlah informasi mengenai teripang, hewan laut yang memiliki banyak manfaat. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]