Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Manfaat Bulu Babi, Beserta Cara Mengelolah untuk Dikonsumsi

Manfaat Bulu Babi, Beserta  Cara Mengelolah untuk Dikonsumsi

 


Tidak semua orang mau makan bulu babi. Selain bentuknya aneh, teksturnya juga cenderung hambar. Padahal, buli babu punya manfaat yang baik untuk tubuh.

Bulu babi dianggap sebagai binatang laut yang berbahaya karena bagian luarnya beracun. Bila tertusuk duri babi, bisa muncul peradangan hebat, bahkan memar di bagian tubuh yang terkena.

Rasa sakit tertusuk bulu babi umumnya akan reda dalam waktu yang cukup lama. Padahal, meski punya bentuk yang menyeramkan, daging bulu babi memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Bulu Babi Untuk Kesehatan

Bulu babi adalah hewan laut yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan ini banyak ditemukan di perairan Indonesia dan memiliki lebih dari 80 spesies.

Dalam beberapa penelitian, bulu babi disebut memiliki banyak vitamin, salah satunya vitamin A, protein, dan beta karoten yang efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Lantas, apa lagi manfaat bulu babi untuk kesehatan manusia? Berikut penjelasannya.

1. Sumber Protein

Sama seperti makanan laut lainnya, bulu babi mengandung protein yang baik untuk tubuh manusia.

Melansir Health Benefit of Eating, 30 gram bulu babi mengandung sekitar 3,2 gram protein. Fungsi protein adalah membentuk otot dan memberikan efek kenyang yang cukup lama.

2. Serat yang Baik

Bulu babi memiliki pasokan serat yang sama baiknya dengan makanan makanan seperti oatmeal dan produk gandum lainnya.

Kandungan serat bulu babi membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Jika mengonsumsi bulu babi secara teratur, asupan serat larut dalam tubuh akan meningkat pesat.

3. Sumber Vitamin C

Kandungan vitamin C yang ada di dalam bulu babi cukup tinggi. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan kita dan menstimulasi otak agar bekerja lebih baik.

4. Sumber Vitamin A

Selain vitamin C, terdapat pula vitamin A di dalam daging bulu babi. Vitamin A akan membentuk beta karoten yang bermanfaat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

5. Sumber Kalori

Salah satu cara untuk memenuhi asupan kalori tubuh Anda adalah dengan mengonsumsi bulu babi.

Bulu babi mengandung kalori yang bisa dijadikan energi tubuh untuk beraktivitas. Tidak hanya itu saja, kalori di dalam bulu babi dapat meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah.

6. Meningkatkan Gairah Seks Pria

Di beberapa negara, misalnya di Jepang, telur bulu babi digolongkan sebagai afrodisiak. Afrodisiak merupakan makanan yang bisa meningkatkan kesuburan dan kejantanan pria.

Hal itu disebabkan oleh kemampuan bulu babi yang dapat meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah ke organ intim.

Cara Mengolah Bulu Babi

Bulu babi memiliki duri yang beracun sehingga hanya bagian daging dan telurnya saja yang bisa dimakan.

Untuk mengolahnya, Anda bisa merendam bulu babi dengan air garam lalu dicuci hingga bersih. Gunakan sarung tangan agar durinya tidak menusuk jari.

Bulu babi bisa dimakan secara langsung atau mentah seperti sushi.

Sebelum dimakan mentah, pastikan Anda sudah membersihkan bulu babi dengan air bersih mengalir agar tidak ada bakteri atau kotoran yang menempel. Anda juga bisa membuat daging bulu babi sebagai isian sandwich yang lezat.

Jika tidak ingin langsung dikonsumsi, sebaiknya simpan bulu babi di dalam wadah tertutup dan letakan di freezer.

Apabila setelah memakan bulu babi kulit Anda muncul ruam dan gatal, maka ini bisa menjadi tanda alergi bulu babi. Segera hentikan konsumsi bulu babi dan langsung minum obat alergi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]