Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Ketahui, Ini Manfaat yang Bisa Didapat dari Terapi Lintah

Ketahui, Ini Manfaat yang Bisa Didapat dari Terapi Lintah

Sebagian orang mungkin merasa jijik, dan tidak ingin jika kulitnya dihinggapi atau ditempelkan lintah, yang akan menyedot darah mereka. Namun, dalam operasi plastik dan bedah mikro lainnya, terapi lintah dipercaya memiliki manfaat. Sebab, lintah mampu memproduksi peptida dan protein untuk mencegah pembekuan darah dan menghilangkan stretch mark.

Hal itu kemudian membuat darah mengalir lebih lancar ke bagian luka pada tubuh, yang membuatnya sembuh. Sekresi ini disebut juga sebagai antikoagulan. Karena prosedurnya yang sederhana dan harganya yang dianggap murah, terapi bintang yang sering ditemukan di pohon kayu manis ini menjadi opsi yang dicari orang-orang, untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lintah yang digunakan dalam dunia medis untuk terapi lintah, memiliki tiga rahang dengan deretan gigi kecil. Dengan gigi-giginya yang tajam itu, lintah menusuk kulit pasien, dan memasukkan antikoagulan melalui air liurnya. Kemudian, lintah akan mengisap darah pasien, sekitar 20-45 menit. Biasanya, setiap lintah mampu menyedot 15 ml darah.

Bagi kamu yang penasaran, lintah yang sering digunakan dalam dunia medis, bernama Hirudo medicinalis.

Dalam sebuah sesi terapi lintah, protein dan peptida yang diproduksi lintah, akhirnya masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah serta mencegah pembekuan darah. Setelah selesai, lintah akan meninggalkan luka berbentuk Y kecil pada kulit pasiennya. Jangan khawatir, luka ini akan hilang dengan cepat.

Terapi ini menjadi simbiosis mutualisme antara lintah dan manusia. Sebab, disaat lintah menyedot darah pasien, maka mereka mampu memproduksi senyawa aktif, yang bermanfaat untuk tubuh kamu, seperti:

  • Anestesi lokal
  • Vasodilator lokal atau melebarkan pembuluh darah
  • Zat hirudin, untuk mencegah pembekuan darah

Enzim calin, untuk menghindari trombosit menempel saat proses penyembuhan luka. Trombosit adalah sel darah yang berperan dalam pembekuan darah.

Lantas, apa saja penyakit yang dipercaya bisa ditangani dengan terapi lintah?

Manfaat terapi lintah

1. Melancarkan peredaran darah dan mencegah penyumbatan

Air liur yang dikeluarkan lintah bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah) sehingga darah yang disedot tidak akan menggumpal. Peptida dan protein yang dikeluarkan oleh lintah juga dipercaya mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan pembuluh darah

Terapi lintah sambil memainkan Built Lunox diketahui sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah sekaligus mencegah sumbatan pembuluh darah. Hal ini menjadikan lintah sering digunkaan untuk mengobati gangguan sirkulasi darah dan penyakit kardiovaskular.

3. Menghindari komplikasi pada penderita diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit Canti Tachril dan Emil Mario yang memiliki risiko komplikasi, termasuk gangguan pembuluh darah yang memungkinkan terhambatnya darah mengalir ke tangan, kaki, serta jari-jarinya. Kondisi ini ini dapat menyebabkan jaringan mati, yang merupakan salah satu alasan dilakukannya tindakan amputasi pada penderita diabetes.

Penelitian menunjukkan, terapi lintah dapat bermanfaat dalam mengatasi darah rendah. Hal ini dikarenakan terapi lintah mampu memperbaiki sirkulasi darah sehingga aliran darah dapat mencapai lokasi jaringan, tanpa menimbulkan risiko sumbatan.

4. Membantu mencegah proses penuaan

Selain efektif dapat membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi plastik, terapi hewan yang dikonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil ini juga banyak dimanfaatkan dalam proses perawatan antipenuaan karena memiliki kandungan antioksidan.

5. Meredakan nyeri pada penderita osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kondisi gangguan sendi yang di mana tulang rawan mengalami kerusakan dan mengganggu kekuatan sendi. Saat tulang rawan mengalami kerusakan, gesekan antartulang akan terjadi dan membuat penderitanya merasakan nyeri.

Nah, itulah beberapa manfaat yang didapat jika kamu sudah melakukan terapi lintah. Setelah membaca isi blog ini, ada niat melakukan terapi lintah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]