Avertebratasia

Melalui artikel, gambar, dan sumber daya multimedia, Avertebrata bertujuan untuk memperkaya pemahaman pengunjungnya tentang keanekaragaman biologi dan peran penting avertebrata dalam ekosistem global.

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Ubur Ubur Kotak: Klarifikasi, Ciri-Ciri, Serta Manfaatnya

Ubur Ubur Kotak: Klarifikasi, Ciri-Ciri, Serta Manfaatnya

 

Ubur ubur kotak (BoxFish) adalah salah satu hewan laut cantik dan menawan saat berenang dalam air. Namun juga dianggap sebagai hewan paling beracun di lautan.

Karena hewan ini sangat beracun dari spesies Chineronex fleckeri. Bukan hanya itu hewan invertebrate atau adverbrata dari filum Cnidaria ini memiliki medusa yang berbentuk kubus, dengan sistem tubuh lebih kompleks dari jenis ubur-ubur lainnya.

Racun ubur ubur kotak dapat menyebabkan jantung berhenti, kelumpuhan, bahkan kematian pada manusia hanya dalam beberapa menit. Jadi, cobalah untuk berhati-hati saat bertemu hewan transparan ini.

Penasaran dengan hewan yang satu ini? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Klasifikasi Ubur Ubur Kotak

Berikut ini beberapa klasifikasi ubur ubur kotak yang perlu kalian ketahui di bawah ini.

Kerajaan: Animalia

Filum: Cnidaria

Kelas: Cubozoa

Ordo: Carybdeida

Ciri-ciri Ubur-ubur Kotak


Hewan yang berasal Australia ini sangat berbeda dari ubur-ubur Scyphozoa adalah medusanya yang berbentuk kotak, bukan seperti payung. Hewan beracun ini bisa bergerak lebih cepat dari ubur-ubur lainnya, bahkan kecepatan sampai 6 meter per menit.

Bukan hanya itu ubur ubur kotak Australia memiliki saraf lebih berkembang dibandingan dengan ubur-ubur lainnya. Karena hewan laut ini mempunyai cincin saraf di sekitar payungnya untuk berkoordinasi gerakan. Sedangkan beberapa ubur-ubur lainnya masih biasa saja.

Hewan laut ini memiliki mata lengkap dengan retina dan lensa. Namun yang paling membantu organ tubuhnya adalah lensa, dimana bisa digunakan untuk melihat mangsa dan menghindari bahaya.

Karena mata hewan ini mengelompok membentuk empat rhopalia. Sehingga bisa membuat hewan rthopadia dapat melihat sumber cahaya tertentu, dan bukan hanya dapat membedakan antara terang dan gelap.

Hewan yang berasal dari Australia in juga memiliki 20 oselus (mata sederhana), yang tidak membentuk gambar namun mendeteksi terang dan gelap, sehingga hewan yang mematikan ini memiliki total 24 mata.

Hewan laut yang satu ini banyak tentakel panjang yang mengandung kapsul sengat di ujungnya. Kapsul tersebut mengandung racun yang sangat kuat yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada organ tubuh manusia.

Ukuran tubuhnya bisa mencapai hingga 30 cm, dengan tentakel yang dapat tumbuh hingga beberapa meter. Boxfish biasanya ditemukan di perairan hangat dan tropis di seluruh dunia, terutama di sekitar Asia, Australia, dan Pasifik Barat.

Ubur ubur Kotak Australia memiliki warna biru pucat dan transparan dengan berbentuk kotak atau segiempat. Setiap Boxfish memiliki 15 tentakel dengan panjang mencapai 3 meter dan beratnya bisa mencapai 2 kg.

Manfaat



Berikut ini adalah beberapa manfaat boxfish, di antaranya:

1. Sebagai makanan

Boxfish dapat bermanfaat bagi makhluk hidup sebagai sumber makanan bagi beberapa spesies laut, seperti ikan, penyu, dan burung laut.

2. Sebagai obat

hewan invertebrate atau adverbrata ini memiliki zat yang dapat digunakan dalam pengobatan, seperti beberapa jenis Boxfish mengandung zat yang bisa menghentikan rasa sakit dan inflamasi.

3. Sebagai indikator lingkungan

Boxfish dapat menjadi indikator kondisi lingkungan laut. Jika terdapat banyak kelas Cubozoa, bisa jadi itu menandakan kondisi lingkungan laut yang kurang baik.

3. Sebagai antraksi wisata

Pada beberapa daerah wisata pantai banyak dijadikan sebagai atraksi wisata, dengan membuat kolam khusus untuk menampung boxfish.

4. Sebagai bahan penelitian

Boxfish sering sekali digunakan dalam  penelitian ilmiah, baik itu untuk mempelajari perilaku, genetika, atau faktor lingkungan yang  mempengaruhi spesies tersebut.

Tapi perlu kamu ingat bahwa beberapa jenis ubur ubur kotak beracun yang bisa ancaman bagi manusia, misalnya Boxfish Chironex fleckeri yang memiliki sengat yang sangat berbahaya dan bisa mematikan.

Demikian penjelasan tentang ubur-ubur kotak, lengkap dengan klasifikasi, ciri-ciri, dan manfaatnya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]